5 Bencana Gunung Meletus Paling Mengerikan di Indonesia
Ilustrasi gunung meletus (Coreyford)
News

5 Bencana Gunung Meletus Paling Mengerikan di Indonesia

Ngeri banget

Jumat, 14 Februari 2020 13:54 WIB 14 Februari 2020, 13:54 WIB

INDOZONE.ID - Di Indonesia banyak terdapat gunung berapi yang masih aktif, pergeseran 3 lempeng yang membentang di jalur cincin api memicu terjadinya gempa, erupsi hingga letusan gunung berapi.

Sepanjang sejarah, setidaknya ada 5 bencana gunung berapi di Tanah Air yang menelan banyak korban jiwa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya:

Gunung Tambora

Gunung Tambora
Gunung Tambora (Mollibaby)

Pada 10 April 1815, gunung yang terletak di Sumbawa ini meletus dahsyat. Ledakan yang terjadi dikatakan mirip dengan bom atom dan menewaskan puluhan ribu jiwa yang tinggal di sekitar gunung Tambora. Letusan gunung tersebut pun merupakan puncak dari aktivitas gunung Tambora yang terus meningkat selama 4 tahun belakangan. 

Gunung Samalas 

Gunung Samalas
Gunung Samalas (Wired)

Gunung Samalas meletus pada 1257. Ledakannya yang amat dahsyat membuat gunung Samalas hancur dan membentuk gunung baru di sekitarnya yang kini dikenal sebagai gunung Rinjani serta membentuk danau segara anak di Pulau Lombok. Meski belum ada catatan resmi berapa korban jiwa akibat letusan tersebut, namun hancurnya gunung Samalas pada saat itu turut memengaruhi iklim dunia. 

Gunung Krakatau 

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau (Steemit)

Letusan gunung Krakatau pada 1883 merupakan bencana besar yang cukup populer di Indonesia. Konon saat meletus Gunung Krakatau memuntahkan material panas yang menelan banyak korban. Letusan Gunung Krakatau juga turut mengubah suhu dan iklim di banyak negara hingga 1 tahun. Pada tahun tersebut, banyak negara diguyur hujan hingga disebut sebagai "watery year". Akibat letusan tersebut, menyisakan gunung kecil yang kini disebut Anak Krakatau.

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung
Gunung Galunggung (Indonesia Tourism)

Gunung Galunggung di Jawa Barat sempat meletus pada 1822 dan tergolong bencana dahsyat. Letusan gunung ini memuntahkan lahar panas yang mengakibatkan sekira 4.011 jiwa meninggal dan merusak desa-desa di sekitarnya. 

Gunung Toba Purba

Ilustrasi gunung meletus
Ilustrasi gunung meletus (Coreyford)

Gunung Toba Purba di Sumatera Utara meletus pada 75.000 tahun lalu. Gunung ini menumpahkan sekira 2.800 kilometer kubik lahar panas. Letusan gunung ini mengakibatkan 10 ribu korban jiwa yang tinggal di sekitarnya. 

Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
Dinno Baskoro

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU