Virus Korona Telan 132 Orang Meninggal, WNI di Wuhan Akan Dievakuasi
Jalanan di dekat stasiun Hankou, Wuhan. (Unsplash.com/@lurenjiasworld)
News

Virus Korona Telan 132 Orang Meninggal, WNI di Wuhan Akan Dievakuasi

Menanti Instruksi Kemenlu.

Rabu, 29 Januari 2020 15:25 WIB 29 Januari 2020, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Virus korona misterius asal Wuhan, Tiongkok, terus menyebar. Kondisinya juga makin mengkhawatirkan dengan jumlah korban yang terus bertambah.

Seperti dilansir dari Kantor Berita Xinhua, Rabu (29/1/2020), virus korona menyebabkan 132 orang meninggal dunia dan setidaknya 5.974 orang terinfeksi. Mencegah terkena coronavirus, warga di beberapa wilayah di Tiongkok terisolasi.

Darurat dalam menangani virus Wuhan, Warga Negara Indonesia (Wuhan) yang berada di Tiongkok akan segera dievakuasi. Data dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), jumlah WNI sekitar 243 orang di daerah karantina, termasuk Wuhan, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa.

Rencananya, TNI AU yang akan melakukan penjemputan. Dengan menggunakan tiga pesawat, yaitu dua boeing dan satu hercules, diperkirakan bisa mengangkut 100 hingga 200 WNI dalam sekali perjalanan.

"Pesawat untuk evakuasi sudah disiapkan, yaitu Boeing 737 dan satu Hercules C130. Untuk keamanan lain, kami juga menyiapkan personel dari batalion kesehatan," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Fajar Adriyanto.

 Petugas memeriksa kerusakan teknis pesawat Hercules TNI AU yang mendarat di Bandara Lhoksukon, Aceh Besar, Senin (13/1/2020). (Antara Aceh/HO/Lanud SIM)
Petugas memeriksa kerusakan teknis pesawat Hercules TNI AU yang mendarat di Bandara Lhoksukon, Aceh Besar, Senin (13/1/2020). (Antara Aceh/HO/Lanud SIM)

Siap Berangkat

Untuk mengevakuasi, TNI AU masih menanti instruksi dari Kemenlu. Apabila, sudah mendapatkan perintah, TNI AU langsung berangkat ke Tiongkok.

"Kami masih menanti perintah dari Kemenlu untuk bisa berangkat. Apakah bisa tembus ke pemerintah sana. Tapi yang jelas TNI AU siap 24 jam," sebutnya.

Selain itu, TNI AU juga telah meminta bantuan petugas dari batalion kesehatan dengan berbagai peralatan medis untuk siap siaga. Mereka sudah mendapatkan informasi mengenai situasi terkini virus korona


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU