Kemenkes Pastikan Pesawat JAL 729 dari Narita Tidak Bawa Virus Korona

- Senin, 27 Januari 2020 | 12:03 WIB
Pesawat Japan Airlines. (REUTERS/Louis Nastro)
Pesawat Japan Airlines. (REUTERS/Louis Nastro)

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Anas Ma'ruf memastikan, pesawat Japan Airlines (JAL) 729 dari Narita Jepang yang mendarat di Bandara Soetta pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 tidak terpapar virus korona

Anas memastikan, tim di lapangan sudah melakukan prosedur pencegahan dan menanganan penumpang yang diduga terpapar virus korona, dan dipastikan memang seluruh penumpang pesawat JAL 729 tersebut dalam keadaan sehat. 

Ia pun menceritakan kronologis penanganan salah satu penumpang pesawat JAL yang meninggal di dalam penerbangan 729 tersebut.

"Tadi malam pesawat JAL 729 Narita-CGK divert ke Manila karena ada penumpang yang sakit pada saat di udara. Di bandara Manila penumpang kemudian dibawa ke RS, tapi kemudian meninggal. Jenazah ditinggal, kemudian pesawat lanjut ke Jakarta dan mendarat di CGK sekitar pukul 04.00 WIB," jelas Anas kepada Indozone, saat dihubungi pada Senin (27/1/2020). 

Anas memastikan, penanganan terhadap peluruh penumpang JAL 729 yang sampai di Jakarta dilakukan dengan baik dan dilakukan prosedur penanganan untuk pencegahan virus korona. 

"Jadi petugas KKP melakukan pemeriksaan suhu kepada seluruh penumpang dan kru, semua tidak ada yang demam. Kemudian semua penumpang dan kru diberi health alert card," jelasnya. 

"Info dari RS di Filipina kepada keluarga, bahwa penumpang yang meninggal disebabkan karena serangan jantung, bukan penyakit menular," imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X