Menkes Pede Pemerintah Tiongkok Mampu Berantas Virus Korona

- Senin, 27 Januari 2020 | 23:32 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, mempercayai langkah-langkah penanganan yang dilakukan pemerintah Tiongkok bisa memberantas penyebaran virus korona.

"Saya bagaimanapun juga percaya sama Tiongkok. Kalau memang tidak boleh keluar (warga Indonesia di China), ya tidak boleh keluar," kata Terawan di Manado, Senin (27/1/2020).

Terawan mengatakan, Pemerintah Tiongkok juga bertanggung jawab untuk tidak menyebarkan sesuatu, termasuk virus korona ke Indonesia.

Menurut Terawan, langkah Pemerintah Tiongkok yang belum mengizinkan warga Indonesia pulang harus dihargai. Sebab itu sebagai upaya ketahanan kesehatan dunia.

"Ketahanan kesehatan nasional masing-masing saling dijaga supaya kesehatan dunia terjadi. Mereka pasti menyatakan tidak akan mengizinkan kalau membawa wabah baru ke negara lain," kata Terawan.

Terawan hanya bisa berharap, bersabar, dan berdoa hingga Pemerintah Tiongkok menyatakan warga Indonesia di sana kembali ke Tanah Air bebas dari penyakit.

"Itu yang paling penting (menyatakan bersih dari penyakit). Bila tidak, mereka bertangung jawab berani mengirimkan orang-orang yang belum bersih," ujar Terawan.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X