Status Terkini Gunung Merapi Setelah Keluarkan 3 Guguran Lava

- Senin, 12 Agustus 2019 | 11:47 WIB
Lava Gunung Merapi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah).
Lava Gunung Merapi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah).

Gunung Merapi mengeluarkan tiga guguran lava, Senin (12/8/2019) pagi. Masyarakat sekitar gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta itu pun diminta waspada.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, mengatakan tiga guguran lava itu memiliki jarak luncur 450 meter sampai 900 meter. 

Adapun hasil pengamatan visual menunjukkan asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis, serta tinggi 20 meter di atas puncak kawah. Kemudian, suhu udara berkisar 12-17,80 derajat Celcius dengan kelembaban udara 78-95 persen.

BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada level II atau waspada hingga saat ini. Kegiatan pendakian sementara tidak direkomendasikan, kecuali demi kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan mitigasi bencana.

"BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi," kata Hanik. 

BPPTKG juga meminta masyarakat tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi. Publik diimbau tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah setempat atau bertanya langsung ke lembaga terkait.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X