Mendikbud: Tidak Boleh Ada Perpeloncoan

- Senin, 15 Juli 2019 | 09:41 WIB
Antara/Indriani
Antara/Indriani

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan tak boleh ada perpeloncoan terhadap siswa baru pada masa pengenalan lingkungan sekolah. "Saya tegaskan tidak boleh ada perpeloncoan terjadi di sekolah. Tidak boleh terjadi," ujar Muhadjir, saat mengunjungi SD Muhammadiyah 5 Jakarta di Jakarta (15/7/19).

Dalam kesempatan tersebut, ia juga memuji program kakak asuh dan adik asuh di SD itu. Dengan adanya program tersebut, siswa senior dilatih untuk bertanggung jawab terhadap siswa junior yang baru masuk sekolah.

Menurutnya, program itu juga merupakan cara yang tepat untuk menghindari perpeloncoan."Ingat anak-anak yang baru masuk ini, baru beradaptasi di sekolah itu. Saya minta kakak kelasnya membantu adik-adiknya," ucapnya.

Menteri Muhadjir juga meminta agar para guru memberikan bekal pada siswanya supaya tidak melakukan perpeloncoan di sekolah. Kakak asuh harus mengarahkan dan membimbing adik-adiknya yang baru masuk sekolah. "Tidak ada boleh ada perpeloncoan di sekolah. Sekolah harus ramah pada anak," tuturnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X