Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Jadi Mobil Anyar Menteri Jokowi
Toyota Crown jadi mobil dinas menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Toyota)
News

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Jadi Mobil Anyar Menteri Jokowi

Ini dia mobil anyar yang bakal dipakai menteri Jokowi.

Muhammad Wirawan Kusuma
Jumat, 23 Agustus 2019 12:14 WIB 23 Agustus 2019, 12:14 WIB

INDOZONE.ID - Terungkap sudah mobil baru yang akan dipakai para menteri. Toyota Crown 2.5 HV G-Executive dipilih sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon.

Pemerintah melakukan Sistem Tender Umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online untuk pengadaan 101 unit kendaraan dinas untuk anggota kabinet 2019-2024. 

Asisten Deputi Humas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Eddy Cahyono Sugoiarto mengatakan, PT Astra International Tbk-TSO menjadi pemenang tender pengadaan mobil dinas untuk para menteri. 

Lalu, terpilihlah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai kendaraan dinas menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

Mobil Baru Menteri Jokowi
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. (Toyota)

Eddy menambahkan, anggaran untuk pengadaan kendaraan tersebut tercantum dalam DIPA 2019 Kemensetneg yang sudah melalui pembahasan dan persetujuan DPR RI. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019.

Alasan Ganti Mobil Dinas

Sebelumnya, Eddy menjelaskan alasan pergantian kendaraan dinas untuk para menteri kabinet. Kemensetneg menilai kendaraan dinas para menteri sudah termakan usia. 

Mobil Baru Menteri Jokowi
Mobil dinas para menteri diganti karena sudah termakan usia. (Setneg.go.id)

"Kendaraan dinas yang VVIP Kepresidanan dan para menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun," kata Eddy. 

Pengadaan mobil baru untuk kendaraan dinas menteri pun diperlukan dengan beberapa pertimbangan teknis, antara lain faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan semakin mahal karena usia pemakaian. 

Artikel Menarik Lainnya:

    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE