Timur Tengah Memanas, Menteri ESDM Minta Masyarakat Hemat BBM
Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta masyarakat hemat BBM, menyusul konflik di Timur Tengah (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
News

Timur Tengah Memanas, Menteri ESDM Minta Masyarakat Hemat BBM

Sebagai bentuk antisipatif.

Kamis, 09 Januari 2020 13:47 WIB 09 Januari 2020, 13:47 WIB

INDOZONE.ID - Kawasan Timur Tengah tengah memanas karena konflik Iran dengan Amerika Serikat. Menteri ESDM, Arifin Tasrif, pun meminta masyarakat Indonesia melakukan proteksi di dalam negeri. 

Arifin membenarkan, salah satu risiko fatal yang bisa berimbas ke Indonesia dengan meningkatnya eskalasi di Timur Tengah adalah melonjaknya harga minyak dunia yang tak terkendali. Jika hal itu terjadi, akan membahayakan neraca pembayaran Indonesia. 

Sebagai langkah antisipasi, Arifin meminta masyarakat bijak menggunakan BBM dan melakukan efisiensi agar Indonesia tidak perlu terlalu banyak membeli crude

"Antisipasi masyarakat dukung pemerintah efisiensi kegiatan masing-masing, supaya pemakaian (BBM) dioptimalkan, supaya demand tidak berlebihan. Selain itu penyimpangan (subsidi) juga bisa dihilangkan," ujar Arifin di kantornya, Jakarta, Kamis (9/1/2020). 

Meski demikian, Arifin menilai perkembangan harga minyak dunia hari ini sedikit mereda dan tidak seperti perdagangan kemarin yang melonjak cukup signifikan. 

"Ketegangan Iran-AS sudah reda lagi, Brent sudah turun lagi. Mudah-mudahan gak ada eskalasi lagi," pungkasnya. 

Data perdagangan mencatat, pada pagi ini, Kamis (9/1/2020), harga minta mentah jenis WTI di Bursa NYMEX diperdagangkan di level US$ 60,03/barel, atau naik 0,70%, sementara Brent di level US$ 65,85/barel, naik 0,63%.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Alwan
Ivanrida
Sigit Nugroho
Alwan

Alwan

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU