6 Jenis Cabai Terpedas yang Ada di Dunia
photo/ukchilliseeds.co.uk
News

6 Jenis Cabai Terpedas yang Ada di Dunia

Rabu, 11 September 2019 15:08 WIB 11 September 2019, 15:08 WIB

INDOZONE.ID - Kebanyakan orang Indonesia suka dengan makanan pedas. Karena itu juga, cabai menjadi salah satu komoditi penting di setiap kuliner khas Nusantara. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis cabai, mulai dari cabai hijau, cabai merah, cabai rawit, cabai keriting, dan lainnya.

Setiap jenis cabai memiliki tingkatan pedas yang berbeda-beda. Untuk mengetahui tingkat kepedasan cabai biasanya diukur berdasarkan skala Scoville Heat Unit (SHU).

Bicara soal cabai pedas, di belahan dunia lain ternyata punya komoditi cabai dengan cita rasa yang tak kalah pedas dengan cabai yang ada di Indonesia. Penasaran apa saja? Nah, dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (11/9), berikut ini 6 jenis cabai terpedas yang ada di dunia:

1. Red Sadvina Habanero

Red Sadvina Habanero
photo/Wikimedia Commons

Ukuran cabai ini lebih besar dan berat, dan memiliki tingkat kepedasan hingga 500.000 SHU. Cabai ini bisa ditemukan di Walnut, California. Red Sadvina Habanero adalah jenis cabai yang dikembangkan oleh Frank Garcia. Saking pedasnya, cabai ini bahkan memegang rekor Guinnerss World Records selama 12 tahun, dari tahun 1994 sampai 2006.

2. Naga Viper

Naga Viper
photo/ukchilliseeds.co.uk

Naga Viper adalah jenis cabai terpedas di dunia yang dihasilkan dari kawin silang antara cabai Naga Morich, Bhut Jolokia, dan Trinidad Scorpion. Karena itulah, cabai ini memiliki kadar kepedasan sangat tinggi sekitar 1.382.118 SHU.

3. Trinidad Scorpion 'Butch T'

Trinidad Scorpion Butch T
photo/Wikimedia Commons

Kadar kepedasannya dari 500.000 hingga 1.463.700 SHU. Jenis cabai ini pernah memegang rekor Guinness World Record sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2011. Seperti namanya, cabai ini bentuknya mirip ekor kalajengking. Pemilik perkebunan Zydeco di Woodville, Mississippi bernama Butch Taylor adalah orang yang mengembangkan jenis cabai ini.

4. Carolina Reaper

Carolina Reaper
photo/Wikimedia Commons

Berikutnya adalah jenis cabai yang dikembangbiakkan oleh pemilik PuckerButt Pepper Company. Kadar kepedasan cabai ini mencapai 2.200.000 SHU dan disebut sebagai cabai terpedas yang ada di dunia. Cabai ini merupakan hasil kawin silang antara Red Habanero dan Bhut Jolokia (Ghost Pepper).

5. Bhut Jolokia (Ghost Pepper)

Bhut Jolokia
photo/Wikimedia Commons

Cabai jenis Bhut Jolokia atau disebut Ghost Pepper pernah dianggap sebagai cabai terpedas di dunia. Namun belakangan muncul jenis cabai lainnya dengan tingkat kepedasan yang lebih tinggi. Untuk cabai Bhut Jolokia sendiri memiliki kadar kepedasan di atas 1 juta SHU.

6. 7 Pot Douglah (Chocolate 7 Pot)

7 Pot Doughlah
photo/ukchilliseeds.co.uk

Warna cabai ini cokelat agak gelap atau bisa juga berwarna ungu gelap dengan permukaan kulit terlihat kasar. Salah satu cabai terpedas di dunia ini punya keunikan sendiri, di mana ketika dibelah, ada cairan ekstrak kapsaisin yang keluar dari dalam cabai ini. Tingkat kepedasannya pun mencapai 1.853.936 SHU.

TAG
Indozone
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU