Sorak Sorai Warga Manokwari Sudah Bisa Internetan Lagi

- Rabu, 11 September 2019 | 17:23 WIB
Ilustrasi warga Papua. (Antara/Zabur Karuru)
Ilustrasi warga Papua. (Antara/Zabur Karuru)

Pemerintah, lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), membuka blokir jaringan internet data operator di dua daerah Papua Barat, yakni Manokwari dan Sorong, pada Rabu (11/9). 

Keputusan ini disambut gembira warga khususnya Manokwari. Mereka bahagia karena bisa menggunakan internet lagi sekitar pukul 16.00 WIT.

Hal ini ditandai dengan ramainya aktivitas di media sosial, terutama aplikasi pesan singkat. Kebanyakan diisi dengan ungkapan kebahagiaan setelah internet sudah bisa digunakan kembali. 

"Setelah kami melayangkan surat ke Kominfo, berangsur jaringan (internet) dibuka. Mulai dari WiFi dan IndiHome," kata Kepala Dinas Kominfo Papua Barat Frans Pieter Instia. 

-
Ilustrasi anak Papua. (Antara/Zabur Karuru)

Kegembiraan ini dapat dimaklumi. Warga Papua Barat tak bisa mengakses internet pascarusuh pada 21 Agustus lalu. Sejak itu, pemerintah memblokir jaringan internet demi menjaga masyarakat Papua Barat dari provokasi dari pihak luar. 

Tercatat, hingga Selasa (10/9), baru 11 kabupaten di Papua Barat yang layanan internetnya tak lagi di blokir. Sisanya akan dilakukan bertahap.

Kondisi di Papua Barat sudah kondusif. Ini jadi salah satu alasan pemerintah untuk membuka blokir jaringan internet di Bumi Cendrawasih. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X