Sering Berjemur Ternyata Bisa Memicu Masalah Kulit

- Jumat, 13 September 2019 | 09:57 WIB
ilustrasi/EyeEm
ilustrasi/EyeEm

Berjemur adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan terlebih saat berada di pinggir pantai. Tapi taukah kamu ternyata keseringan berjemur justru bisa menimbulkan masalah kulit.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Pondok Indah-Puri Indah, dr Susie Rendra, SpKK, salah satu masalah kulit yang bisa muncul dari keseringan berjemur ialah kulit yang cepat menua.

-
ilustrasi/pexels

 

Susie menyarankan agar berjemur di bawah sinar matahari tidak dilakukan dalam waktu yang lama. Waktu berjemur yang baik ialah tidak lebih dari 10 hingga 15 menit di pagi hari. Terlebih saat kulit sudah memunculkan efek terbakar.

"Sinar matahari bagus untuk tulang tapi enggak bagus untuk kulit," ujarnya.

-
ilustrasi/News.dzw.de

 

Sementara itu, Kim Pfotenhauer, asisten profesor dari Universitas Touro di California mengatakan bahwa menghabiskan sekitar 30 menit di bawah sinar matahari (sekitar pukul 09.00) dua kali per minggu sudah cukup membantu meningkatkan dan menjaga tingkat vitamin D.

"Anda tidak perlu berjemur di pantai untuk mendapatkan keuntungan ini. Jalan kaki cukup," ucapnya.

Sebelum melakukan kegiatan di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya yang mengandung SPF 15-30 untuk membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari sekaligus sebagai antiaging yang paling ringan.

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X