Pemprov DKI Meminta Ratna Sarumpaet Kembalikan Dana SponsorANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pemprov DKI Meminta Ratna Sarumpaet Kembalikan Dana Sponsor

INDOZONE.ID - Pemprov DKI meminta kepada Ratna Sarumpaet untuk mengembalikan dana sekitar Rp 70 juta yang seharusnya digunakan sebagai biaya perjalanan dan uang saku ke Santiago, Chile, Amerika Selatan. Pasalnya, Ratna tidak jadi berangkat ke Chile dan malah mendekam di sel tahanan.

"Kalau tidak jadi berangkat harus dikembalikan (dana sponsor)," kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja sama Luar Negeri Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, Jumat (5/10).

Menurut Mawardi, dana tersebut berasal dari anggaran yang tentu saja harus disertai dengan pertanggungjawaban. Ratna sendiri telah check in di bandara sebelum ditangkap, sehingga tiket pesawat tak bisa direfund.

"Mungkin ada yang telah dipakai dan misalnya dia sudah beli tiket kan nanti ada hitung-hitungannya. Nanti biro administrasi (yang hitung) besaran yang harus (dibayar), kan ada dari airline itu kalau ada pembatalan," kata dia.

Namun, Mawardi tidak menyebtukan tenggat waktu pengembalian dana tersebut. yang pasti, Ratna harus mengembalikan dana dan memberikan alasan pertanggungjawaban kenapa dia tak jadi berangkat.

"Nanti pasti sehubungan dengan misalnya dia tidak jadi berangkat, maka akan memberikan laporan bahwa tidak jadi berangkat karena suatu hal dan proses lebih lanjut ditangani oleh Biro Administrasi," katanya.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta membiayai perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile untuk menghadiri acara 'Woman Playwright International'. Tapi, dia keburu ditangkap karena telah membuat berita bohong.