Parkir Sembarangan di Bandung Bisa Disanksi Cabut Pentilphoto/dok. Dishub Kota Bandung

Parkir Sembarangan di Bandung Bisa Disanksi Cabut Pentil

Untuk beri efek jera pada para pelanggar

INDOZONE.ID - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dikethaui akan memberlakukan sanksi penggembosan ban atau cabut pentil bagi kendaraan yang parkir di sembarang tempat. Program ini dibuat untuk memberikan efek jera kepada para pelanggar.

Sekretaris Dinas Perhubungan Anton Sunarwibowo mengatakan bahwa  dasar aturan pemberlakuan sanksi ini yakni Keputusan Wali Kota Bandung Nomor : 551/Kep.1281- Dishub/2018 tanggal 9 Oktober 2018 tentang Pembentukan Tim Penegakan Hukum di Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi. Bukan hanya Dishub, di dalam tim ini juga melibatkan unsur Polrestabes, Kodim, Denpom.

"Salah satu biang kemecaten di Kota Bandung itu karena perilaku pengguna jalan yang parkir sembarangan. Kita berfikir mereka (pelanggar) belum kapok nih, makanya kita buatkan aturan baru pada bulan Oktober dan siap dilakukan operasi gabungan cabut pentil (Bulan November),"ujar Anton kepada wartawan di Taman Sejarah, Jalan Aceh, seperti dilansir dari laman merdekacom.

Selain itu, Anton mengatakan bbukan cuma bertujuan untuk menertibkan parkir sembarangan, operasi cabut pentil juga diterapkan untuk mengurai kemacetan.

Berdasarkan infomrasi, operasi cabut pentil kata Anton akan diberlakukan bagi kendaraan yang parkir sembarangan di trotoar. Selain itu juga kendaraan yang parkir pada ruas jalan yang terdapat rambu larangan parkir. Lalu, kendaraan yang parkir tidak sesuai dengan marka parkir.

"Sekarang mah kita kendaraannya kempesin aja. Bagaimana pun terburu buru tetap harus memerhatikan aturan lalu lintas," kata dia.

Lebih lanjut, Anton mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi melalui surat edaran sejak bulan Oktober lalu. Rencananya pada Senin 12 November akan dilaksanakan apel gelar pasukan untuk kemudian melakukan operasi cabut pentil di sejumlah titik lokasi.

"Jadi mulai Minggu depan hati- hati dengan parkir, jangan parkir sembarangan. Termasuk weekend Sabtu Minggu juga berlaku untuk pendatang. Kami imbau parkir yang lebih tertib;" ujarnya.