Persiapan Malaysia dalam Menghadapi Virus Corona

- Senin, 2 Maret 2020 | 13:15 WIB
Ilustrasi virus corona. (Muzzafar Kasim/Handout via REUTERS)
Ilustrasi virus corona. (Muzzafar Kasim/Handout via REUTERS)

Perkembangan virus corona di Malaysia menyebar dengan cukup cepat. Hingga Minggu (1/3/2020), terdapat empat kasus infeksi virus corona baru.

Hingga kini, para pasien tersebut berada dalam pengawasan dan isolasi di Rumah Sakit Kuala Lumpur. Diketahui, rumah sakit di Malaysia mampu menangani kasus virus corona.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dr Lee Boon Chye mengatakan kementerian telah mengidentifikasi 26 rumah sakit pemerintah dan spesialis yang mampu memantau kasus berkaitan dengan virus corona.

“Mereka termasuk semua rumah sakit pemerintah dan rumah sakit spesialis utama dengan unit penyakit menular. Setiap negara akan memiliki setidaknya satu rumah sakit yang dapat memberikan isolasi dan perawatan kepada pasien," ujarnya seperti dilansir New Straits Times, Senin (2/3/2020).

Dr Lee mengatakan rumah sakit yang dapat menangani kasus terkait virus corona diminta untuk memenuhi persyaratan tertentu, termasuk mengidentifikasi, memantau, menilai dan mengevaluasi kasus-kasus tersebut, dengan prosedur isolasi pasien.

Langkah-langkah ini, katanya, sejalan dengan prosedur operasi standar kementerian untuk pengawasan potensi wabah penyakit menular.

“Ada beberapa persyaratan (untuk menangani kasus seperti itu). Pertama, pasien perlu diisolasi. Kedua, penyedia layanan kesehatan harus memiliki perlindungan yang memadai dengan alat pelindung khusus agar mereka tidak terinfeksi. Dan, akhirnya, fasilitas harus memiliki kapasitas untuk melakukan pelacakan kontak dan pemantauan." ujarnya.

World Health Organization (WHO) menyebut virus corona sebagai wabah penyakit baru. Diketahui, total kasus infeksi virus corona yang telah tercatat di seluruh dunia adalah sebanyak 89.074 kasus. Dengan angka kematian 3.050 jiwa.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X