Buka Usaha, JK Ingatkan Para Milenial di Ignite The Nation

- Minggu, 18 Agustus 2019 | 16:20 WIB
Jusuf Kalla/twitter.com/kemkominfo
Jusuf Kalla/twitter.com/kemkominfo

Program Ignite The Nation Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang merupakan gerakan membangun bangsa dengan karya, teknologi, dan inovasi, resmi diluncurkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Dalam pembukaannya, JK mengajak anak muda Indonesia membangun negeri melalui startup berbasis teknologi. Ia berbagi pengalaman pada ribuan anak muda yang tertarik bisnis tentang perbedaan merintis usaha di masa lalu dengan sekarang.

"Di zaman kita, cari tahu di mana pasar berada, di mana barang-barang berada. Sekarang bukan itu masalahnya, pembeli di rumah pun dapat membeli," katanya.

JK menuturkan, ia memulai bisnis ketika berusia 20-an. Kini, roda perekonomian digerakkan oleh anak-anak muda era milenial. Pergantian peran ini yang kemudian oleh Wapres disebut sebagai "estafet bangsa".

Generasi milenial Indonesia, lanjut JK, jangan hanya mengembangkan usaha rintisan atau start-up business di bidang perdagangan elektronik, tetapi harus memiliki nilai tambah dengan meningkatkan produksi dalam negeri.

"Sehebat apa pun platform-nya, kalau tidak ada yang dijual, apalah artinya? Jadi harus ada produk fisik. Jangan mempunyai pikiran bahwa semua start-up itu dengan platform saja. Harus ada yang memajukan produksi," katanya.

JK mengakui, jika usaha rintisan menjadi salah satu penggerak ekonomi Indonesia karena adanya perubahan perilaku di era disrupsi. Namun, beberapa usaha rintisan dengan nilai kapitalisasi besar atau unicorn di Indonesia dikuasai oleh start-up business di bidang pelayanan dan belum diimbangi dengan peningkatan produksi komoditas dalam negeri.

Marketplace, kata JK, hanyalah sebuah cara untuk menjual suatu produk. Kelemahannya, sebagian besar barang yang dijual justru bukan produksi dalam negeri. 

"Inti apa pun daripada ekonomi ialah nilai tambah, dari kain menjadi baju, dari terigu menjadi kue, dari kayu menjadi kursi. Jadi mesti ada yang membuat itu. Tidak bisa hanya dengan modal 'gadget', satu komputer, bisa jadi pengusaha. Tidak bisa," ujarnya.

Ignite The Nation 1000 Startup Digital merupakan program pembinaan berkelanjutan selama 6 bulan dari pemerintah untuk masyarakat umum dalam membangun startup digital. 

Program ini diawali pada 18 Agustus 2019 di Jakarta dengan 8.000 peserta. Selanjutnya akan berlangsung di 9 kota lain di Indonesia pada Agustus dan September 2019. 

Lewat gelaran ini, pemuda Indonesia bisa mewujudkan 1000 mimpi, 1000 karya, 1000 solusi, dan 1000 Digital Enterprises untuk SATU Indonesia Raya! 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X