Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Bappenas: Tunggu Presiden

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:31 WIB
Menteri PPN Bambang Brodjonegoro menjelaskan alasan pemerintah masih merahasiakan lokasi ibu kota baru di Kalimantan. (ANTARA/Wahyu Putro A).
Menteri PPN Bambang Brodjonegoro menjelaskan alasan pemerintah masih merahasiakan lokasi ibu kota baru di Kalimantan. (ANTARA/Wahyu Putro A).

Menteri Perencanaan Pembantunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro enggan berkomentar tentang kepastian ibu kota pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Nama Kaltim sebagai ibu kota yang baru muncul dari pernyataan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil saat menyambangi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (22/8/2019). 

Dia tak menyebutkan secara gamblang posisi pasti ibu kota baru. Namun, kabarnya Samboja atau Bukit Soeharto menjadi pilihan.

"Pokoknya tunggu pengumuman dari Presiden Joko Widodo," ujar Bambang kepada awak media.

-
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dia menambahkan, proses pemindahan ibu kota baru akan masuk tahap persiapan pada 2020. Itu dikarenakan belum ada aktifitas yang signifikan pada tahun ini. 

Pada tahun 2021, proses pemindahan akan masuk dalam tahap groundbreaking.  "Kami akan menyediakan lahan sekitar 6.000 hektare, tapi mungkin yang akan efektif 3.000 hektare," katanya. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X