Danjen Kopassus Bekali Ribuan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia
Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. (Pen Kopassus)
News

Danjen Kopassus Bekali Ribuan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

Tanamkan nasionalisme dan cinta Tanah Air.

fauzi
Selasa, 13 Agustus 2019 14:50 WIB 13 Agustus 2019, 14:50 WIB

Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menjadi pemateri utama, dalam kuliah umum Kegiatan Mahasiswa Baru (Kemaba) Universitas Indonesia yang dihelat di Gedung Balairung Kampus Universitas Indonesia, Kampus Depok, Jawa Barat, Senin  (12/8/2019).

Mengawali kuliah umumnya, Danjen Kopassus mengingatkan tentang pentingnya membangun rasa cinta kepada Tanah Air, di tengah derasnya arus globalisasi. Menurutnya, mahasiswa baru Universitas Indonesia memiliki peran penting, dalam memperkuat persatuan bangsa.

Menurutnya, sebagai calon sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjawab tantangan global, para mahasiswa baru Universitas Indonesia perlu dibekali kecerdasan kebangsaan yang didasari nasionalisme yang konkrit. 

"Artinya peka dan kritis terhadap isu-iisu yang berkembang, baik melalui media elektronik, cetak dan terlebih media sosial yang saat ini terus menjadi tren. Terapkan nilai-nilai Pancasila di setiap sendi kehidupan bermasyarakat, tidak mudah terpecah belah," kata Danjen Kopassus.

Lebih jauh peraih Adhi Makayasa - Tri Sakti Wiratama Akademi Militer tahun 1990 ini menerangkan, mahasiswa Universitas Indonesia juga dituntut untuk ikut dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa. Karena ini, perlu mendukung pengembangan produk dalam negeri dan melestarikan budaya bangsa.

Pen Kopassus
Pen Kopassus

"Kalau suatu saat dalam kesempatan belajar ke luar (negeri), bawa pulang ilmu pengetahuan yang ada di negara tersebut, aktif mempromosikan budaya Indonesia sebagai jatidiri kita bernegara. Jangan membawa pulang budayanya," tegas mantan Dansat-81 Kopassus ini.

Dalam kesempatan ini Danjen Kopassus juga berpesan pentingnya peran pihak universitas sebagai role mode, untuk menjaga ketahanan kampus, menyelenggarakan pendidikan dan menjaga kualitas kampus, sehingga dapat melahirkan sarjana berkualitas dunia.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain, Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, Asisten Teritorial Danjen Kopassus Letnan Kolonel Inf Kurniawan, para dekan dan dosen Universitas Indonesia.

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Fauzi

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE