Gerakan Tanpa Sampah Plastik di Pesta Rakyat Jawa Tengah

- Kamis, 15 Agustus 2019 | 10:23 WIB
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Dalam upaya mengurangi sampah plastik, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan meniadakan penggunaan plastik sekali pakai dalam acara perayaan hari jadi ke-69 bertajuk "Pesta Rakyat" yang dipusatkan di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

"Saya berharap di Pesta Rakyat di Wonogiri nanti, ini satu hal yang monumental, adalah gerakan tanpa sampah plastik," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Kamis (15/8/2019).

Menurutnya, meniadakan penggunaan plastik sekali pakai dalam sebuah acara besar bukan hal yang mudah, butuh semangat dan partisipasi dari semua pihak untuk mewujudkannya.

"Salah satu tujuannya agar Jawa Tengah berkontribusi nyata dalam pengurangan sampah plastik yang selama ini mengakibatkan kerusakan lingkungan," katanya.

Panitia penyelenggara Pesta Rakyat diminta untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan saat menyajikan makanan dan minuman dalam acara itu.

Perayaan yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Wonogiri pada 23-25 Agustus 2019 itu memiliki serangkaian acara dan kegiatan seperti pagelaran seni dan budaya tradisional hingga pentas musik modern dari artis Ibu Kota.

Selain itu, akan ada festival kopi, minum jamu bersama, serta pameran produk pertanian, usaha mikro kecil, dan menengah, karya pelajar dan penyandang disabilitas.

Warga juga bisa menyaksikan pertunjukan ketoprak yang pemainnya meliputi para pejabat pemerintah, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bupati dan wakil bupati, serta kepala organisasi perangkat daerah.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X