Pacu Inovasi, Pemerintah Perkuat Litbang

- Selasa, 25 Juni 2019 | 08:40 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto (Foto: Kemenperin)

Penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui vokasi dan mengaktifkan kegiatan litbang dalam memacu inovasi, menjadi salah satu program prioritas pemerintah pada tahun ini. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, langkah tersebut, upaya pemerintah meningkatkan ekspor dan investasi dalam negeri.

Pemerintah telah telah mengidentifikasi sejumlah sektor industri yang berpotensi mendorong laju investasi dan ekspor, seperti industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik, dan kimia. 

Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, sektor-sektor tersebut mendapat prioritas pengembangan yang siap menjadi pionir dalam memasuki era industri 4.0.

Ia menegaskan,  industri padat karya yang berorientasi ekspor, bakal  dapat potongan Pajak Penghasilan (PPh) atau substitusi impor semacam mini tax holiday dan  bea masuknya. 

"Insentif fiskal diperlukan dalam upaya mendorong investasi dan pertumbuhan sektor manufaktur, serta juga untuk mendongkrak daya saingnya di kancah global," katanya. 
 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X