Ari Askhara Dicopot, Menhub Budi Karya Sebut Penggantinya

- Jumat, 6 Desember 2019 | 11:50 WIB
Garuda Indonesia kedatangan armada A330-900 Neo yang diduga menyelundupkan Harley dan sepeda Brompton. (Indozone/Sigit Nugroho)
Garuda Indonesia kedatangan armada A330-900 Neo yang diduga menyelundupkan Harley dan sepeda Brompton. (Indozone/Sigit Nugroho)

Ari Askhara resmi dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia. Dia tersandung kasus penyelundupan barang yang merugikan negara hingga miliaran rupiah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pemerintah sudah menunjuk pengganti Ari Askhara sebagai Dirut Garuda untuk sementara waktu.

"Jadi sudah kami konfirmasi Plt Dirut adalah Direktur Keuangan (Fuad Rizal)," kata Budi Karya  di hotel Westin Jakarta, Jumat (6/12).

Budi Karya juga memastikan, pencopotan Ari Ashkara tidak akan mempengaruhi operasional perseroan. Dari aspek keamanan dan keselamatan penerbangan juga dipastikan aman. 

"Kalau safety itu adalah domainnya Direktur Operasi dan Direktur Maintenance. Direktur Operasi dan Direktur Maintenance-nya sudah sesuai dengan kualifikasi, tentu safety-nya enggak ada masalah," ujar Menhub

Terkait sosok yang bakal menggantikan posisi Ari Askhara sebagai Dirut Garuda permanen, Budi Karya enggan berkomentar. Menurutnya, hal itu ranah dari Kementerian BUMN melakui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

"Namun yang menjadi lead adalah BUMN," tuturnya. 

Menhub juga mengaku belum diajak diskusi oleh Menteri BUMN Erick Thohir terkait permasalahan Garuda Indonesia. Namun, lanjut Budi Karya, biasanya Kemenhub juga dimintai pandangan, khususnya terkait regulasi penerbangan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X