Wah! 84 Sekolah di Surabaya Dinyatakan Bebas dari Sampah Non Organik

- Sabtu, 7 Desember 2019 | 21:01 WIB
photo/Ist
photo/Ist

Sebanyak 84 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Surabaya, Jawa Timur dinyatakan sebagai sekolah "zero waste" atau dikenal sebagai sekolah bebas sampah non organik kemasan makanan dan minuman sekali pakai.

"Tahun ini sudah ada 84  SD dan SMP yang zero waste. Ini artinya, di sekolah itu tidak ada sampah kemasan makanan minuman sekali pakai di lingkungannya," kata Presiden Tunas Hijau, Mochammad Zamroni, Sabtu (07/12).

Surabaya Eco Shool 2019 merupakan program kegiatan peduli lingkungan, hasil kerja sama antara Tunas Hijau dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Gerakan lingkungan yang diawali dari sekolah ini digelar ke sembilan kalinya di Surabaya.

Capaian program Surabaya Eco Schol ini terdapatnya 84 sekolah zero waste, sebanyak 1.115 lubang biopori yang telah dibuat di sejumlah sekolah, 15.220 kilogram sampah organik yang berhasil diolah, 7.200 kilogram sampah kertas yang telah diolah menjadi barang yang bermanfaat, kemudian 12 ribu kilogram jelantah yang telah diubah menjadi biodiesel dan 9.306 tanaman hias dan 1.509 pohon yang ditanam di sekolah.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menyampaikan, pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Wali Kota Risma mengakui, tidaklah mudah dalam mengelola lingkungan. Namun, menurutnya bersama Tunas Hijau, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka kontribusinya tak hanya bisa dirasakan untuk Kota Surabaya saja, melainkan juga dunia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X