Bongkar Pasang Trotoar Cikini, Ini Kata Pengamat

- Kamis, 12 Desember 2019 | 13:22 WIB
Trotoar yang dibongkar di depan Bioskop Metropol. (Indozone/Nani Suherni)
Trotoar yang dibongkar di depan Bioskop Metropol. (Indozone/Nani Suherni)

Sempat heboh karena memotong pohon tua di jalan Cikini Raya untuk pelebaran trotoar, kali ini kembali viral soal trotoar yang dibangun lalu dibongkar untuk pembangunan manhole atau lubang utama untuk menampung beberbagai fiber optik di kawasan tersebut. 

Trotoar tersebut berlokasi di Jakarta Pusat, tepatnya ada di depan Bioskop Metropol.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisaksi Nirwono Yoga menjelaskan, dalam pembangunan ini Pemprov dinilai tak memiliki perencanaan yang matang.

"Harusnya itu diperhitungkan dahulu lokasi manhole dan ductingnya, agar tak ada yang istilah bongkar pasang," ungka Nirwono saat dihubungi, Kamis (12/12).

-
Trotoar yang dibongkar di depan Bioskop Metropol. (Indozone/Nani Suherni)

Ia juga menyarankan agar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tak segan melakukan pengecekan lapangan. Hal ini dilakukan agar tidak ada anggaran yang mubazir. 

"Pak Gubernur harus serius benahi dinas terkait, lebih ketat, terjun ke lapangan," ungkapnya.

-
Pembuatan manhole diseberang Bioskop Metropol. (Indozone/Nani Suherni)

Sementara itu, dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta menjelaskan, pihaknya terpaksa melakukan pembongkaran karena adanya perubahan perencanaan. 

"Saat pindah, memang di depan situ sudah dibuat jadi nanti sesudah dibuat dikembalikan lagi," kata Hari Nugroho saat dihubungi. 

Pengamatan Indozone, trotoar yang dibongkar masih menyisakan guiding block yang pecah akibat dibongkar. Lokasi pembuatan manhole juga terlihat diseberang Bioskop Metropol.

 

Artikel Menarik Lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X