Takjub, Inilah 5 Gedung Pencakar Langit dengan Lift Tercepat di Dunia

- Sabtu, 31 Agustus 2019 | 16:55 WIB
photo/thepointguys.com/Wikimedia Commons/Wikipedia
photo/thepointguys.com/Wikimedia Commons/Wikipedia

Perkembangan zaman yang diikuti dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat banyak perubahan di tengah masyarakat yang semakin modern. Salah satunya inovasi dalam pembangunan infrastruktur, khususnya di perkotaan.

Hal itu dibuktikan dengan semakin banyak pembangunan gedung-gedung tinggi dengan kecepatan lift yang mumpuni untuk memudahkan mobilitas manusia di dalam gedung.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Sabtu (31/8), inilah 5 gedung pencakar langit yang menakjubkan dengan lift tercepat di dunia:

1. Jin Mao Tower

-
photo/photorator.com

Terletak di area Lujiazui, distrik Pudong, Shanghai, China, gedung Jin Mao Tower berdiri dengan ketinggian mencapai 421 meter. Bangunan seluas 24 ribu meter persegi ini dilengkapi dengan lift yang mampu memindahkan orang dari lantai dasar hingga bagian tertinggi gedung, hanya dalam waktu 46 detik.

2. Burj Khalifa

-
photo/thepointsguy.com

Gedumg pencakar langit ini sudah beroperasi sejak 2010, dibangun dalam waktu 6 tahun sejak konstruksinya dimulai tahun 2004. Tinggi gedung ini mencapai 829,8 meter. Otis Elevator Company memasok fasilitas lift dengan kecepatan 16 kilometer per detik.

3. One World Trade Center

-
photo/Wikipedia

One World Trade Center atau dikenal dengan Freedom Tower memiliki ketinggian total 546,2 meter dan terdiri dari 94 lantai. Gedung ini menduduki posisi ke-6 di dunia dan pertama di Amerika Serikat sebagai bangunan tertinggi. Fasilitas lift di gedung ini memiliki kecepatan 16,3 kilometer per detik yang dipasok dari produsen asal Jerman, Thyssenkrupp.

4. Yokohama Landmark Tower

-
photo/Wikimedia Commons

Gedung tertinggi kedua di Jepang ini terdiri dari 70 lantai dengan ketinggian lebih dari 290 meter. Yokohama Landmark Tower dilengkapi dengan lift berkecepatan 45 kilometer per jam atau setara dengan 750 meter per menit.

5. John Hancock Center

-
photo/Wikipedia

Lokasinya berada di Streeterville, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Tinggi gedung John Hancock Center ini mencapai 344 meter lebih, lengkap dengan fasilitas lift yang diproduksi oleh Otis. Lift tersebut mampu mengantarkan orang dari lantai dasar menuju atap gedung tinggi ini dalam waktu 38 detik saja. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X