Kapolri Baru Harus Bisa Munculkan Wajah Polri yang Humanis

- Kamis, 31 Oktober 2019 | 12:30 WIB
Komisaris Jenderal Idham Azis bakal menduduki kursi Kapolri. (Antara/Muhammad Adimaja)
Komisaris Jenderal Idham Azis bakal menduduki kursi Kapolri. (Antara/Muhammad Adimaja)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan sejumlah harapannya terhadap Komisaris Jenderal Idham Azis yang bakal menjabat sebagai Kapolri yang baru. Selain penyelesaian pekerjaan rumah, Idham juga diharapkan melakukan sejumlah terobosan.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menekankan, Idham harus bisa memperlihatkan wajah Polri yang humanis. Menurutnya, hal itu masih menjadi kerinduan yang masyarakat di berbagai wilayah.

Dia menilai, respons cepat dalam manajemen penangangan perkara menjadi sangat penting untuk ditingkatkan. 

"Sehingga setiap melihat wajah aparat kepolisian, baik yang sedang bertugas di lapangan maupun yag bertugas di kantor, rakyat bisa ceria karena merasa terlindungi, bukan justru merasa takut apalagi terintimidasi," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Kamis (31/10). .

Selain penegakan supremasi hukum dan peningkatan kualitas aparat, Kapolri yang baru juga perlu melakukan berbagai terobosan di tubuh Korps Bhayangkara. Terlebih dalam hal digitalisasi.

Hal itu perlu diterapkan di internal institusi Polri dari Polsek hinga Mabes. Juga dalam proses penegakan supremasi hukum. 

"Digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan yang tak terhindarkan, Polri tak boleh ketinggalan dalam menghadapinya," ungkapnya.

Seperti diketahui, Idham Azis selangkah lagi menduduki kursi Kapolri. Dia sudah melewati uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan Komisi III DPR, Rabu (30/10). (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X