Anies Baswedan Paparkan Hasil Perjalanan Dinasnya ke Luar Negeri

- Selasa, 23 Juli 2019 | 13:16 WIB
Anies Baswedan memaparkan perkembangan Jakarta pada pertemuan The U.S.-Indonesia Society, di Amerika Serikat (Twitter/@aniesbaswedan).
Anies Baswedan memaparkan perkembangan Jakarta pada pertemuan The U.S.-Indonesia Society, di Amerika Serikat (Twitter/@aniesbaswedan).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memaparkan sejumlah hasil yang didapatkannya ketika melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Anies menyebut salah satu hasilnya adalah menarik minat wisatawan asing ke Indonesia. 

"Saya Alhamdullilah setiap kali pergi justru untuk mengundang orang datang ke Indonesia. Mengajak orang untuk kegiatan di Indonesia termasuk membawa Formula E bermain di sini. Nah itu harus dikerjakan dengan pergi ke luar negeri," kata Anies.

Anies telah mengunjungi setidaknya tujuh negara selama menjabat Gubernur DKI dalam dua tahun terakhir. Teranyar, dia melawat ke Kolumbia dan Amerika Serikat selama 10 hari. 

Kegiatan Anies itu pun menuai atensi publik. Bahkan, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sempat menyinggung perjalanan luar negeri yang dilakukan sang petahana. 

Namun, Anies menilai kunjungan kerjanya ke luar negeri masih tahap normal. Anies mengklaim setiap tempat yang disambangi berkorelasi dengan jabatannya sebagai pemimpin daerah.

"Saat ini kalau orang tidak tahu, pergi ke luar negeri itu apa jalan-jalan, studi banding, atau berbicara. Saya kalau pergi pasti berbicara kegiatan resmi dengan pemerintah di sana," ujar Anies. 

Lebih lanjut, Anies Baswedan mengatakan Jakarta dan Indonesia harus unjuk gigi di mata dunia. Anies tidak ingin pembatasan kunjungan kerja luar negeri untuk kepada daerah menjadi bumerang untuk perkembangan Indonesia. 

"Kita ini warga global, sudah harus berpikirnya global. Bahkan Indonesia harus berperan ditingkat global. Masa kita semua berpikirnya kandang terus. Nanti akhirnya orang melarang untuk pergi," tutur Anies. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X