Sebagian APD untuk Tenaga Medis sudah Disebar ke Seluruh Indonesia
Ilustrasi distribusi APD (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
News

Sebagian APD untuk Tenaga Medis sudah Disebar ke Seluruh Indonesia

Sisanya besok.

Rabu, 25 Maret 2020 20:28 WIB 25 Maret 2020, 20:28 WIB

INDOZONE.ID - Alat pelindung diri atau APD untuk tenaga medis menghadapi pasien positif corona atau Covid-19 sudah disebar dari gudang penyimpanannya di Halim Perdanakusuma, Jakarta. Puluhan ribu APD itu sudah dibagikan ke seluruh wilayah Indonesia hari ini dan beberapa wilayah akan dibagikan besok.

"Sampai hari ini kurang lebih 170 ribu unit APD yang kita terima dan sebagian besar sudah terdistribusi ke semua provinsi, sisanya besok," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020)

Doni mengatakan APD memang lebih banyak difokuskan untuk wilayah Jakarta, sebab Jakarta merupakan titik sebaran virus corona yang paling besar dibanting wilayah lainnya. Untuk wilayah-wilayah yang sudah menerima APD, dia berharap APD itu dapat tepat sasaran dan digunakan sebagaimana mestinya.

"Kepada para pimpinan RS untuk bisa memastikan APD tersedia di rumah sakit khususnya RS pasien Covid-19 betul-betul harus terpenuhi," ungkap Doni.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Asisten Operasi TNI, Marsma TNI Jorry memaparkan titik-titik wilayah yang sudah didistribusikan APD itu. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang sudah didistribusikan hari ini.

"Terhitung hari ini sudah kita distribusi diseluruh, di luar Jawa, Bali masing-masing 2.000 APD, untuk Sorong 2.000 sudah diterima,  Jayapura 2.000, Marauke 1.000, Kalimantan Utara 2.000, Banjarmasin 2.000, Sumatera Utara 2.500 dan Kepri 2.000," papar Jorry.

Jorry mengatakan pendistribusian APD itu menggunakan pesawat hercules maupun boing milik TNI. Pihak TNI akan kembali melakukan pendistribusian APD ke wilayah-wilayah yang belum mendapatkan APD pada esok hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli
Samsudhuha Wildansyah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU