The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

PSI Kritik Anies soal Klaim Sumur Resapan Ampuh Tangani Banjir: Solusi Murahan!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
News

PSI Kritik Anies soal Klaim Sumur Resapan Ampuh Tangani Banjir: Solusi Murahan!

Kamis, 06 Oktober 2022 17:33 WIB 06 Oktober 2022, 17:33 WIB

INDOZONE.ID - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Justin Adrian Untayana menilai bahwa penanganan banjir yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama 5 tahun menjabat tidak pernah ada kemajuan yang berarti.

"Seperti yang sudah sering saya katakan selama 3 tahun terakhir, bahwa penanganan permasalahan banjir di Jakarta di masa Bapak Anies tidak akan pernah mengalami kemajuan yang berarti," ucapnya, Kamis (6/10/2022).

Justin pun menyinggung mengenai solusi andalan yang diklaim Anies dapat menanggulangi masalah banjir di ibu kota, yakni salah satunya adalah sumur resapan, dan toa. Ia menilai hal itu seharusnya hanya menjadi pendukung, bukan menjadi media utama.

Baca Juga: Anies Diusung Jadi Capres 2024, PSI: Jadi Gubernur 5 Tahun Aja Tak Ada Kemajuan

Ia menjelaskan bahwa cekungan-cekungan tanah turun itu pun akan membutuhkan upaya tertentu untuk dapat dikembangkan jaringan mikronya, karena air tidak dapat mengalir atau dialirkan ke tempat yang lebih tinggi.

"Maka dari itu, kalau bapak Gubernur masih berpikir kalau sumur resapan adalah media andalan dan kecepatan surut adalah prestasi, maka saya harus mengatakan bahwa itu adalah hal murahan yang dapat diberikan kepada warga DKI," ungkapnya.

Justin menyebutkan, media utama pengendalian banjir DKI Jakarta dalam menghadapi banjir lokal setidaknya adalah normalisasi untuk sungai-sungai utama yang harus ada progresnya di setiap tahun.

Baca Juga: Wagub Riza Patria Bantah Pengunduran Diri MTaufik karena Anies Baswedan Capres

Kemudian, pengembangan jaringan mikro atau saluran-saluran air beserta rehabilitasi dan perluasannya sehingga terintegrasi sepenuhnya sebagai rangkaian media tampung-alir air yang berkapasitas memadai.

"Air hujan harus dialirkan secepatnya ke laut untuk mengimbangi durasi dan curah hujan yang tinggi, dan sebagai media pendukung atau supporting barulah embung, sumur resapan diharapkan turut menangkap air untuk mengurangi beban tampung-alir air di sungai dan jaringan mikro,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US