Wagub DKI Beri Penjelasan Soal Beda Cara Tangani Izin Operasional ACT dengan Holywings

- Jumat, 15 Juli 2022 | 10:36 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara terkait bedanya tindakan yang dilakukan pihaknya terhadap pencabutan izin operasional lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan Holywings.

Pasalnya, pencabutan izin operasional ACT terkesan lama dibanding Holywings. Padahal sudah tersandung kasus penyelewengan donasi umat, dan izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) telah dicabut Kemensos.

Namun, menurut mantan Anggota DPR RI ini, kedua kasus tersebut tidak bisa disamakan. Lantaran, masalah Holywings sudah masuk ranah hukum, dan terdapat penetapan tersangka.

“Kalau Holywings kan kasusnya sudah tersangka, sudsh ditahan. Kesalahannya jelas. Kalau ini di kepolisian sendiri masih dalam proses,” ujar Riza di Balai Kota DKI, Kamis (14/7/2022).

Meski demikian, Riza pun menjelaskan, karena izin PUB ACT sudah dicabut oleh Kemensos, maka operasionalnya juga telah berhenti. Apalagi, rekening milik ACT saat ini juga telah dibekukan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Baca Juga: Izin Operasional ACT Belum Dicabut, Wagub Riza Sebut Masih Nunggu Rekomendasi Dinsos DKI

“Jadi prinsipnya ACT kan sudah tidak beroperasi lagi sesungguhnya,” tandas orang nomor dua di Jakarta tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Riza menyebutkan bahwa pencabutan izin operasi lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) masih menunggu rekomendasi dari Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta.

Rekomendasi dari Dinsos tersebut nantinya akan diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta untuk mengeluatkan surat pencabutan izin operasional.

“Nnti PTSP akan menunggu rekomendasi dari Dinsos, setelah masuk akan segera diproses,” ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/7/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X