Soal Cuaca Ekstrem, Pemprov DKI Jakarta Akan Koordinasi dengan BNPB

- Rabu, 7 Desember 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem di DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Juns)
Ilustrasi cuaca ekstrem di DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Juns)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terkait work from home (WFH) saat cuaca ekstrem di ibu kota.

"Ya, kita lihat situasinya. Jadi, dalam waktu dekat, saya akan koordinasi dengan BNPB," ujar Heru di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (7/12/2022).

Menurutnya, WFH saat cuaca ekstrem merupakan imbauan dari pemerintah. Jadi, semua tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

-
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, di hadapan awak media (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Baca Juga: PSI Benarkan Michael Victor Sianipar Mundur dari PSI

"Walaupun itu WFH sifatnya adalah lokal saja, tergantung (kebijakan) masing-masing perusahaan," sambung Heru.

Oleh karena itu, Heru berharap agar cuaca nantinya akan lebih bersahabat. Jadi, tidak diperlukan WFH.

"Kita lihat situasi ke depan, mudah-mudahan bisa aman dan cuaca bisa bersahabat," ungkap Heru.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memberikan arahan dan sejumlah catatan yang harus menjadi perhatian kepada para menterinya. Salah satunya mengenai ancaman cuaca ekstrem.

"Antisipasi rencana cuaca ekstrem dan yang berkaitan dengan keselamatan, agar kita semuanya memberikan perhatian," ujar Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa 6 Desember 2022.

Menurutnya, para menteri harus memaksimalkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), untuk mendapatkan peringatan dini terhadap daerah-daerah yang berpotensi.

"Memaksimalkan informasi cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) sebagai peringatan dini dan juga mitigasi bencana di seluruh daerah yang memiliki potensi," sambung Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi menegaskan kepada para menterinya, agar cepat memberikan bantuan kemanusiaan dan rekontruksi bagi yang terdampak bencana alam.

Baca Juga: Viral Maling Ceburkan Diri ke Kali di Jakpus, Begini Kronologinya

"Memastikan negara betul-betul hadir, segerakan bantuan kemanusiaan dan juga segerakan rekonstruksi bangunan yang terdampak gempa ataupun bencana lainnya," pungkas Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X