The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemprov DKI Hemat Rp171 Juta dan Turunkan Emisi Karbon 110,61 Ton saat Pemadaman Lampu
Aktivis saat earth hour di Bunderan HI, Jakarta. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Pemprov DKI Hemat Rp171 Juta dan Turunkan Emisi Karbon 110,61 Ton saat Pemadaman Lampu

Sesuai perintah Anies

Senin, 04 Juli 2022 15:37 WIB 04 Juli 2022, 15:37 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melakukan pemadaman lampu pada Sabtu (2/7/2022) malam kemarin. Lewat aksi itu, terjadi penurunan emisi karbon atau CO2 ekuivalen sebesar 110,61 ton. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, pada saat pemadaman lampu serentak, juga terjadi penghematan hingga 118,42 MWh atau setara Rp171 juta.

"Penghematan konsumsi listrik dari aksi pemadaman serentak selama satu jam pada Sabtu kemarin 118 Megawatt, setara Rp171 juta," ungkap Asep dalam keterangannya, Senin (4/7/2022). 

Baca juga: Nelayan Cirebon Curhat ke Puan: Sulit Dapat Solar hingga Dipermainkan Pelayanan SPBU

Asep menjelaskan, aksi pemadaman lampu selama satu jam ini sebagai tindaklanjut implementasi lnstruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu Dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon. 

“Tujuannya, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penghematan energi, penghematan ekonomi, serta penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” terangnya. 

Untuk diketahui, lokasi pemadaman lampu di Jakarta pada seluruh bangunan/gedung Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kecuali rumah sakit, puskesmas, klinik. Jalan protokol dan jalan arteri di lima wilayah juga akan dipadamkan. 

Selain itu lampu di tujuh simbol kota Jakarta juga dipadamkan yaitu, Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Monumen Nasional dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran Hotel lndonesia, Patung Pemuda beserta air mancurnya. 

Kemudian, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman. Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan apartemen juga melakukan pemadaman listrik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Rachmat Fahzry
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US