501 Mahasiswa Universitas Brawijaya Keracunan Massal, Ternyata Makanannya dari Sini

- Kamis, 9 Februari 2023 | 17:25 WIB
Suasana mahasiswa baru Universitas Brawijaya saat terjadi keracunan massal. (Z Creators/Rani Rachmania)
Suasana mahasiswa baru Universitas Brawijaya saat terjadi keracunan massal. (Z Creators/Rani Rachmania)

Kejadian tidak terduga dialami Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Brawijaya saat mengikuti kegiatan Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang pada Selasa, 7 Februari 2023. Ratusan Maba mengalami keracunan makanan. 

Ketua Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK) Fakultas Teknik UB, Adharul Muttaqin mengatakan bahwa para Maba sudah mulai merasakan keluhan sakit sejak Senin, 6 Februari 2023 malam. 

Pada Selasa pagi semakin banyak keluhan dari Maba. Rata rata yang dikeluhkan maba tersebut adalah sakit perut, diare, mual dan beberapa muntah. Padahal hari itu masih ada agenda pengerjaan pengecoran jalan. 

"Kami lihat dari kepadatan di toilet. Jadi pagi sudah mulai kurang kondusif, akhirnya yang putri kami bawa ke kafe omah deso untuk dilakukan penanganan. Jam 10.00 pagi itu dilakukan pemeriksaan saat banyak mahasiswa yang mengeluh. Akhirnya siang kami putuskan untuk ditarik semua agar tidak terjadi hal tak diinginkan," katanya. 

-
Usai keracunan massal, acara mahasiswa baru Universitas Brawijaya dibatalkan. (Z Creators/Rani Rachmania)

Ia memaparkan saat hari pertama para Maba sarapan di kampus pada pagi hari, saat makan siang dan makan malam menyantap makanan di lokasi. 

"Kalau makanan, itu kan hari pertama, kami sarapan di kampus, makan siang dan malam ada di lokasi. Makanan itu dikoordinir dari mahasiswa dan memberdayakan masyarakat sekitar", imbuhnya.

Ia menceritakan terdapat beberapa perbedaan data Maba terdampak keracunan dari Dinkes Kabupaten Malang, Polres Malang dan Kampus UB.

"Memang betul data Polres 360 terdampak, kalau dari Dinkes malah 501 mahasiswa. Memang betul ratusan, tapi detailnya, data kami, mahasiswa yang benar benar mengelukan sakit setelah kami cek ada sekitar 289 mahasiswa," ungkapnya, Rabu (8/2/2023).

Dengan terjadinya peristiwa keracunan massal ini Universitas Brawijaya menarik kembali 1.279 mahasiswa baru dalam kegiatan Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Kegiatan KKM ini dilaksanakan maba Fakultas Teknik UB berlangsung mulai 6-9 Februari 2023. Mereka ditarik sebelum jadwal berakhir menyusul kejadian keracunan massal. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X