Terima Hasil Investigasi Komnas HAM Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI, Polri: Masih Dipelajari

- Selasa, 2 Februari 2021 | 12:36 WIB
6 anggota laskar FPI yang meninggal ditembak mati polisi (Twitter/@LisaAmartatara3)
6 anggota laskar FPI yang meninggal ditembak mati polisi (Twitter/@LisaAmartatara3)

Bareskrim Polri menyebut belum lama ini pihaknya menerima hasil investigasi Komnas HAM terkait kasus tewasnya enam laskar FPI ditangan anggota Polda Metro Jaya. Pihak Bareskrim hingga saat ini masih mempelajari hasil investigasi tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian. Dia mengklaim jika hasil investigasi dari Komnas HAM baru diterima belum lama ini.

Baca juga: Viral Tukang Martabak Paling Teliti, Masak 1 Martabak 30 Menit, Tingkahnya Bikin Gemas

"Hasil investigasi Komnas HAM baru di terima penyidik hari Jumat (29/1) yang lalu," kata Brigjen Andi saat dihubungi wartawan, Selasa (2/2/2021).

Brigjen Andi mengatakan penyidik Bareskrim Polri masih mempelajari hasil investigasi Komnas HAM tersebut. Rencananya besok akan ada pembahasan mengenai hasil investigasi bersama penyidik dan pengawas internal Polri dalam hal ini Propam Polri.

"Penyidik sedang mempelajari dan akan dilaksanakan rapat pembahasan besok antara penyidik dengan fungsi pengawasan internal," beber Brigjen Andi.

Brigjen Andi tidak membeberkan lebih jauh langkah apa yang akan dijalankan pihaknya pasca adanya hasil investigasi dari Komnas HAM. Sebab, dia menyebut penyidik akan menentukan langkah selanjutnya setelah mempelajari hasil rekomendasi itu.

"Mekanisme sepenuhnya tergantung penyidik, nanti mereka yang menganalisis dan menindaklanjuti," kata Andi.

Sekedar informasi, Komnas HAM sudah membeberkan hasil investigasinya di kasus kematian enam laskar FPI ditangan anggota Polda Metro Jaya. Salah satu hasilnya menyebutkan jika polisi melanggar HAM atas kematian empat laskar FPI.

Baca juga: Selingkuh dengan Angel Sepang, James Kojongian Akhirnya Muncul ke Publik: Saya Minta Maaf

Komnas HAM juga menyebut jika benar laskar FPI memiliki senjata api. Dia juga tidak menampik jika sempat terjadi baku tembak antar laskar FPI dengan polisi. Pasca dibeberkannya hasil investigasi itu, Komnas HAM juga memberikan rekomendasinya kepada pihak kepolisian.
 

Artikel menarik lainnya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X