Terungkap Motif Rohmeini Purba Lakukan Ujaran Kebencian pada Bendera dan Foto Presiden

- Sabtu, 19 September 2020 | 11:23 WIB
Rohmaeni Purba ditangkap polisi. (Istimewa)
Rohmaeni Purba ditangkap polisi. (Istimewa)

Rohmeini Purba (27) warga Jalan Negara, Lingkungan III, Kelurahan Petapahan, Kecamtan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang harus mempertanggungjawabkan tindakannya karena melakukan ujaran kebencian.

Banyak warganet yang geram atas tindaknnya melakukan pelecehan terhadap simbol negara yakni bendera merah putih dan menginjak-injak foto Presiden dan Wakil Presidan.

Dia pun pun kemudian ditangkap Tim Unit 2 Subdit V Siber Dit Reskrimsus Polda Sumut.

Ternyata usut punya usut, Rohmeini kesal kisah cintanya dengan pria Malaysia ditentang oleh keluarga.

“Dari hasil penyidikan sementara motivasi tersangka melakukan perbuatan itu ingin mencari perhatian seluruh warga dunia atas tindakannya yang berpacaran dengan warga Malaysia. Namun tidak didukung bahkan cenderung ditolak di tengah keluarga dan semua kenalannya,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Jumat (18/9/2020).

Pihak kepolisian berhasil mengungkap siapa yang berada di balik aksi ujaran kebencian tersebut dan nekat memposting serta memviralkan video Bendera Marah Putih dicuci pakai darah haid.

Tidak hanya itu, wanita tersebut juga diketahui melakukan penghinaan terhadap Presiden RI dan Wakil Presiden dengan merusak foto hingga melecehkan di media sosial.

Dia merupakan sosok yang secara berulang-ulang melakukan ujaran kebencian terhadap Presiden dan Wakilnya serta melecehkan simbol negara yakni bendera merah putih.

Menurutnya, wanita itu ditangkap itu terbukti melakukan tindak pidana karena merusak lambang negara, menghina kepala negara dan menyebarluaskan melalui media elektronik (media sosial).

Dalam penangkapan itu, Nainggolan menuturkan turut disita barang bukti handphone Samsung A20 akun facebook atas nama Lovelyta Putri Valentine dengan URL.

-
Barang bukti pelecehan simbol negara

 

Kemudian, akun Instagram atas nama maya.maya635, sikat WC warna biru, foto Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden atas nama KH MA’RUF AMIN yang telah dirusak serta Bendera Republik Indonesia yang telah dibakar.

-
Postingan Rohmeini di Instagram

 

“Tersangka sudah diamankan di Polda Sumut," kata MP Nainggolan.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X