Sudah Selesai Pelatihan, Kok Dana Insentif untuk Peserta Kartu Prakerja Belum Cair?

- Minggu, 21 Juni 2020 | 14:50 WIB
Ilustrasi warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Ilustrasi warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Insentif bagi peserta program kartu prakerja bulan kedua yang sedianya sudah cair pada 10 Juni 2020 lalu, hingga hari ini tak juga kunjung diterima oleh para peserta program kartu prakerja,. Padahal mereka telah menyelesaikan pelatihannya. 

Lalu kira-kira yang menghambat proses pencairan dana tersebut?

Dalam diskusi virtual yang diselenggarakan pada Kamis (19/6/2020) lalu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, keterlambatan pencairan insentif bulan kedua tersebut belum bisa dicairkan lantaran program tersebut tengah dalam proses evaluasi oleh Komite Prakerja dan lembaga pengawas.

"Kalau sudah sama (NIK yang didaftarkan di program Kartu Prakerja dan pada nomor rekening), tapi kenapa belum dibayar? Itu termasuk di dalam, kenapa kita belum bisa membuka pendafataran gelombang IV. Ini karena sedang direview oleh komite bersama lembaga pengawas," ucap Denni. 

"Itu juga kenapa teman-teman banyak yang mengatakan sudah dapat seharusnya insentif bulan kedua, tapi kenapa belum? Sama, karena ini tentang uang negara, saya hanya mengikuti kebijakan komite yang sedang review bersama dengan lembaga pengawas," sambungnya. 

Di tengah belum jelasnya waktu pencairan insentif tersebut, Denni pun meminta kepada para peserta untuk memastikan telah melakukan proses verifikasi data rekening bank maupun e-wallet yang digunakan untuk pencairan insentif Kartu Prakerja.

Ia juga meminta para peserta untuk memastikan nomor induk kependudukan yang didaftarkan sesuai dengan yang dimiliki. 

Sementara itu, Indozone terus berusaha untuk mengonfirmasi perkembangan terkini dari masalah pencairan insentif program kartu prakerja ini kepada Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky, namun hingga saat ini belum mendapatkan tanggapan. 

Sebagai informasi saja, program kartu prakerja hingga saat ini sudah diikuti oleh 680.918 peserta, mulai dari gelombang pertama hingga ketiga.  Pemerintah sendiri menargetkan pembukaan pendaftaran hingga November 2020 untuk menjaring 5,6 juta peserta. 

Setiap peserta nantinya akan  mendapatkan Rp3,55 juta, yang berguna untuk mengikuti pelatihan, insentif bulanan selama empat bulan, dan juga uang survei, yang jika ditotal seluruh anggaran yang disediakan pemerintah untuk program prakerja mencapai Rp20 triliun. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X