The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Korea Utara 'Ogah' Tanggapi Pendekatan Diplomatik Pemerintahan Biden
Kim Jong Un. / Joe Biden. (Reuters)
News

Korea Utara 'Ogah' Tanggapi Pendekatan Diplomatik Pemerintahan Biden

Minggu, 14 Maret 2021 16:56 WIB 14 Maret 2021, 16:56 WIB

INDOZONE.ID - Korea Utara belum menanggapi pendekatan diplomatik yang dilakukan oleh pemerintah Joe Biden di belakang layar sejak pertengahan Februari, termasuk melalui perutusan Korut untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pengungkapan langkah diplomatik Amerika Seriakt (AS) yang sejauh ini tidak berhasil, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya, menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Biden akan mengatasi ketegangan yang meningkat dengan Pyongyang terkait program senjata nuklir dan rudal balistik negara tersebut.

Keadaan tersebut juga menambah dimensi baru pada kunjungan menteri luar negeri serta menteri pertahanan Amerika Serikat minggu depan ke Korea Selatan dan Jepang.

Kekhawatiran atas persenjataan nuklir Korea Utara diperkirakan akan menjadi agenda utama selama kunjungan tersebut. Seorang pejabat senior pemerintahan Biden memberikan sedikit keterangan rinci tentang upaya diplomatik yang dilancarkan pemerintah.

Pejabat yang namanya tak disebutkan itu mengatakan telah ada upaya untuk menjangkau pemerintah Korea Utara "melalui beberapa saluran mulai pertengahan Februari, termasuk di New York."

"Sampai saat ini, kami belum menerima tanggapan dari Pyongyang," kata pejabat itu.

Sementara itu, perutusan Korut untuk PBB belum menanggapi hal tersebut.  Pemerintahan Biden sejauh ini berhati-hati dalam menjelaskan secara terbuka soal pendekatannya terhadap Korut.

Pemerintah AS mengatakan, pihaknya melakukan tinjauan kebijakan yang komprehensif setelah kontak antara mantan Presiden Donald Trump yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Artikel Menarik Lainnya:

Dina
Dina

Dina

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US