The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Temuan Pelajar SMP Ini Berpotensi Sembuhkan Covid-19, Diganjar Hadiah Rp367 Juta
Anika Chebrolu temukan obat yang berpotensi sembuhkan Covid-19 (Twitter/@VPSecretariat)
News

Temuan Pelajar SMP Ini Berpotensi Sembuhkan Covid-19, Diganjar Hadiah Rp367 Juta

Kamis, 22 Oktober 2020 13:25 WIB 22 Oktober 2020, 13:25 WIB

INDOZONE.ID - Seorang gadis remaja keturunan India-Amerika, Anika Chebrolu diganjar penghargaan 3M Young Scientist Challenge 2020 berkat penemuannya yang dinilai punya potensi besar melawan infeksi Covid-19.

Selain penghargaan, gadis berusia 14 tahun yang berasal dari Texas, AS ini juga mendapatkan uang hadiah sebesar US$25 ribu atau sekitar Rp367 juta.

Dilansir dari Xinhua pada Kamis (22/10/2020), penemuan Anika yang masih duduk di bangku SMP ini, bisa memberikan terapi kesembuhan untuk pasien Covid-19.

Anika mengatakan bahwa tidak terlalu banyak terapi yang efektif untuk melawan virus corona. Karena itulah, dia berharap penemuannya bisa berguna untuk dunia dan menyelamatkan banyak orang.

"Aku selalu kagum dengan eksperimen sains sejak masih kecil dan saya tertarik menemukan obat efektif untuk penyakit influenza setelah serangan infeksi parah tahun lalu," kata Anika dilansir Fast Company.

Cara kerja penemuannya adalah menggunakan metode in-silico agar menghasilkan molekul timbang yang kemudian mengikat protein virus SARS-CoV-2.

Anika Chebrolu bekerja keras membuat penemuan ini karena mengetahui fakta mengenai pandemi di tahun 1918 dan juga banyaknya pasien flu yang meninggal setiap tahun di AS, padahal ada vaksin dan obat flu di pasaran.

"Upaya saya untuk menemukan senyawa timbal guna mengikat protein lonjakan virus SARS-CoV-2 musim panas ini mungkin tampak seperti setetes air di lautan, tetapi bisa melengkapi semua upaya ini," katanya dikutip CNN.

Dia berharap bisa mengembangkan penemuan ini lebih lanjut dengan bantuan para pakar. Anika juga berharap nantinya dia bisa menjadi pakar riset medis dan profesor.

Sementara itu, berdasarkan data dari Worldometers per Kamis (22/20/2020), jumlah orang terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia sudah lebih dari 41 juta orang. Pasien yang sembuh sekitar 30 juta dan yang meninggal lebih dari 1 juta orang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US