Ini Kim Geum Hyok, Pria yang Disebut Bawa Virus Corona ke Korut, Bagaimana Nasibnya Kini?

- Rabu, 29 Juli 2020 | 16:56 WIB
Kiri: Kim Geum Hyok (NY Times) / Kanan: Kim Jong un bersama pejabat Korea Utara (KCNA via REUTERS)
Kiri: Kim Geum Hyok (NY Times) / Kanan: Kim Jong un bersama pejabat Korea Utara (KCNA via REUTERS)

Pria bernama Kim Geum Hyok (24) belakangan ini menjadi sorotan setelah identitasnya dibuka oleh media Korea Selatan. Kim Geum yang disebut-sebut sebagai  pembelot (pengkhianat) itu diduga membawa virus Corona (COVID-19) ke Korea Utara.

Kim Geum Hyok saat ini sedang dalam penyelidikan kepolisian Korea Selatan karena kasus pemerkosaan.

Korea Utara sebelumnya tidak pernah mengungkap status Kim karena virus yang dibawanya. Namun, media Korea Selatan justru terang-terangan membongkar identitas Kim dan menyebutnya sebagai pembelot.

Berdasarkan keterangan dari pejabat Korea Selatan, Kim memasuki Korea Utara dengan melintasi perbatasan Korea Selatan dan Korut lewat saluran air.

Setelah itu, ia melanjutkan perjalanannya dengan berenang dari Pulau Gwanghwa dan membawanya hingga ke Sungai Han.

Petugas yang menjaga perbatasan Korea Selatan menemukan tas milik Kim di dekat saluran air. Dalam tas tersebut, ada bukti bahwa Kim telah menarik uangnya sebanyak Rp61 juta.

Namun, tidak diketahui ke mana Kim pergi setelah itu. Tak lama kemudian, Korea Utara mengumumkan ada kasus Corona di negaranya. Mereka juga mengumumkan bahwa Kaesong memasuki situasi darurat.

YouTuber bernama Kim Jin-ah yang berasal dari Kaesong, Korea Utara, membeberkan bahwa Kim kabur dari Korea Utara ke Korea Selatan pada 3 tahun yang lalu. Kim juga pernah tampil di kanal YouTube-nya.

"Saya pernah mengunjungi apartemennya pada akhir Juni dan saya terkejut bahwa apartemennya sudah kosong," ujar Kim Jin-ah, dilansir New York Times.

"Melihat ke belakang, saya pikir dia sudah bersiap untuk meninggalkan Korea Selatan,“ lanjutnya.

Menurut Kim Jin Ah, Kim Geum Hyok sangat merindukan orang tuanya. Selama berada di Korea Selatan, ia tinggal di Gimpo, sebuah kota di seberang Sungai Han dari Kaesong.

Dia juga sempat mengikuti program pemerintah Korea Selatan yang ditawarkan khusus  untuk para pembelot. Namun, kata Kim Jin Ah, ia tiba-tiba berhenti mencari pekerjaan.

Sebelum menghilang, Kim Jin Ah sempat mendapat pesan dari Kim Geum Hyok. Saat itu, ia langsung menuju tempat tinggal Kim Geum Hyok namun tempat tinggalnya tersebut sudah kosong dan tidak ada siapa-siapa lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X