Heboh Logo BUMN yang Baru, Netizen Sindir #SolusiKrisisKokLogo dan "Terlalu Susah Ditiru"

- Jumat, 3 Juli 2020 | 13:27 WIB
Logo baru Kementerian BUMN (Instagram/@kementerianbumn)
Logo baru Kementerian BUMN (Instagram/@kementerianbumn)

Kementerian BUMN mengubah logonya. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perubahan logo ini menunjukkan semangat baru di lingkungan BUMN.

Logo terbaru Kementerian BUMN itu menampilkan simbol negara Burung Garuda dengan tulisan Kementerian BUMN dalam gaya visual kontemporer.

Namun, Erick tidak ingin perubahan logo tersebut hanya sekadar pencitraan, melainkan harus dijalankan sebaik-baiknya.

"Tentu ini menjadi semangat baru buat kita di BUMN. Saya gak mau perubahan logo hanya pencitraan tetapi ada maknanya, dengan logo ini kita berharap transformasi harus terus dijalankan dengan baik-baik.

Saya sebagai pimpinan akan terdepan mendukung bapak-bapak melaksanakan transformasi ini," ujar Menteri Erick Thohir dalam sambutan peluncuran logo baru Kementerian BUMN di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Secara visual, logo BUMN yang baru memperlihatkan kesan modern dan milenial. Dengan begitu, direksi yang senior diharapkan bisa menjadi mentor yang baik untuk direksi muda.

"Jadi mohon maaf, saya minta juga kepada dirut kalau ada direksi-direksi baru yang muda-muda tolong jadi mentor yang baik, karena itu bagian dari komitmen. Saya tidak segan mengangkat direksi muda bukan buat gaya-gayaan tapi ini bagian transformasi. Kita sebagai pemimpin ada waktu dan umurnya. Kita harus beri kesempatan yang muda untuk jadi generasi penerus," kata Erick Thohir.

Namun, perubahan logo ini tidak serta merta disambut positif oleh masyarakat. Di Twitter, banyak yang menyindir perubahan logo BUMN lewat tagar #SolusiKrisisKokLogo dan #SolusiKrisisBukanLogo.

-
Sindiran terhadap logo BUMN yang baru (Twitter)

Ada pula akun Twitter @_ibaam yang menyindir bahwa pembuatan logo BUMN yang baru "sangat susah". Cuitan ini bernada sindiran karena menurutnya logo BUMN hanya tinggal di copy paste sambil diputar-putar.

-
Sindiran terhadap logo BUMN yang baru (Twitter)

Cuitannya ini menuai likes dan retweet hingga ribuan. Tapi, tidak semua setuju dengan Ibam. Netizen lain berpendapat bahwa logo yang sederhana seperti ini lah yang justru susah dibuat.

"Kalau udah jadi emang keliatan gampang jadinya. Coba kalau dari kertas kosong, bisa kepikiran bikin logo simpel gitu?" kata @rayshearer.

"Redraw always so much easier than find the concept" tambah akun @wanda_z.

"Terlepas dari bagus atau enggaknya logo tsb, Mungkin cara pengerjaannya menurut Anda gampang, tapi nyari idenya itu yang susah" tambah @Akusiapp69.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan Kementerian BUMN, logo baru ini menggunakan bentuk kontemporer yang memiliki makna dinamis, adaptif dan progresif dalam semangat profesionalisme.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X