Operasi Tinombala dan Nemangkawi Berganti Nama Jadi Operasi Madago Raya 2021

- Rabu, 17 Februari 2021 | 14:14 WIB
Rapim Polri 2021, Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto. (Screenshoot Youtube Tribrata TV)
Rapim Polri 2021, Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto. (Screenshoot Youtube Tribrata TV)

Polri memutuskan untuk mengganti nama Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah dan Operasi Nemangkawi di Papua menjadi Operasi Madago Raya 2021. Nama dari Operasi Madago sendiri memiliki arti tersendiri.

"Operasi Nemangkawi dan Operasi Tinombala 2020 yang sekarang sudah berubah menjadi sandinya yaitu menjadi Operasi Madago Raya," kata Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto dalam Rapim Polri 2021 di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Madago Raya sendiri diketahui merupakan bahasa Poso yang artinya baik hati, dekat dengan masyarakat. Irjen Imam pun meminta jajaranya mensosialisasikan perubahan nama itu.

"Ini mohon mulai disosialisasikan jadi tidak ada lagi Operasi Tinombala tapi Madago Raya," beber Imam.

Mengenai operasi di Papua, Imam meminta jajarannya harus mengelola dengan baik operasi tersebut. Dia meminta Intel untuk mengantisipasi pergerakan dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP).

"Dalam penyusunan Operasi Nemangkawi tahun yang lalu, di akhir tahun, mohon Pak Intelkam dengan jajaran Direktur Intel terutama menyelenggarakan operasi atau mengoptimalkan Satgas Nusantara untuk mengelola kelompok AMP," kata Imam.

"Artinya kelompok mahasiswa yang ada terpetakan kalau nggak salah di 14 wilayah yang ada di Republik ini betul-betul dilakukan operasi penggalangan sehingga bisa kita lemahkan dukungannya mereka kepada niat-niat yang akan digulirkan di Papua terutama tahun ini agenda yang masih mengemuka yaitu mogok nasional," sambung Imam.

Sekadar informasi, Operasi Tinombala merupakan operasi gabungan TNI-Polri untuk memburu kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Operasi tersebut berlangsung di wilayah Poso, Sulawesi Tengah.

Sedangkan untuk Operasi Nemangkawi merupakan operasi untuk memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Operasi tersebut digelar di Papua.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X