Sri Mulyani Andalkan APBN untuk Dukung dan Bangkitkan UMKM

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 17:20 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (photo/Instagram/@smindrawati)
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (photo/Instagram/@smindrawati)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) akan digunakan untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar mampu bangkit dari krisis akibat pandemi COVID-19.

"Kita dalam situasi pandemi harus ikut berkontribusi dan gotong royong untuk memulihkan kembali dan mendukung UMKM agar mereka tidak saja bertahan, tapi juga bangkit menjadi lebih kuat," katanya dalam Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Beli Kreatif Danau Toba di Jakarta, Sabtu (20/2) dikutip dari ANTARA.

Dirinya menjelaskan pemerintah selama ini telah banyak berikan dukungan kepada UMKM melalui APBN yang masuk dalam anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Baca juga: Kalina Ocktaranny Ungkap Alasan Batal Nikah dengan Vicky Prasetyo, Ternyata karena Ini

Sri Mulyani juga menyebutkan dari total anggaran PEN 2021 sebesar Rp688,33 triliun terdapat dukungan UMKM dan pembiayaan korporasi senilai Rp187,17 triliun dengan fokus pada beberapa program.

Program tersebut di antaranya terdiri atas subsidi bunga KUR dan non-KUR, BPUM, penjaminan loss limit UMKM dan korporasi, IJP UMKM dan korporasi, pembebasan rekmin dan biaya abonemen listrik, serta pembiayaan PEN lainnya.

"Pemerintah selama ini banyak memberikan dukungan ke UMKM," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X