The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Covid-19  di Tengah Masyarakat, Pimpinan Komisi IX Sarankan Bentuk Satgas Komunitas
Seorang warga menangis saat terjaring Operasi Yustisi penegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Limba U II, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (22/1/2021). (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
News

Cegah Covid-19  di Tengah Masyarakat, Pimpinan Komisi IX Sarankan Bentuk Satgas Komunitas

Menyasar kluster rumah dan komunitas kecil.

Jumat, 22 Januari 2021 10:32 WIB 22 Januari 2021, 10:32 WIB

INDOZONE.ID - Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengusulkan agar dibentuknya satgas di level komunitas. 

Satgas tersebut, sambung Melki, diharapkan untuk mengawasi penularan Covid-19 yang sudah menyasar ke klaster rumah dan komunitas kecil. Sehingga mereka bisa tertangani dengan baik.

“Pembatasan sosial berskala kecil berbasis komunitas kecil RT RT dusun kampung klaster kantor dan sebagainya perlu dibentuk satgas di level komunitas untuk bisa mengurus warga yang terkena Covid-19,” ungkap Melki kepada Indozone, Jumat (22/1/2021).

Kata Melki, nanti Satgas ini sebagai supervisor bekerjasama dengan tenaga kesehatan di level Puskesmas atau Rumah Sakit (RS) terdekat untuk menyaring apakah pasien tersebut layak untuk mendapatkan perawatan atau tidak.

“Tidak semua yang terkena Covid-19 harus masuk RS dan juga membantu yang dirawat di rumah isolasi mandiri sehingga bisa tetap diurus dengan baik,” tutur dia.

Lebih jauh, politikus Partai Golkar ini menegaskan semua pihak haruslah saling gotong-royong dalam menanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Baik dari tingkat pemerintah pusat hingga RT dan RW. 

“Butuh kerjasama berbagai pihak sehingga bisa membantu pemerintah pusat dan daerah sampai level RT-RW dalam pencegahan, penelusuran dan pengobatan rakyat yang terkena Covid-19,” pungkasnya..

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US