Gedung SMK Pertama yang Dibangun oleh Pemerintah Indonesia di Luar Negeri Telah Diresmikan

- Sabtu, 5 September 2020 | 16:08 WIB
Acara peresmian gedung SMK Sabah Malaysia pada Jumat (4/9/2020). (ANTARA)
Acara peresmian gedung SMK Sabah Malaysia pada Jumat (4/9/2020). (ANTARA)

Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang pertama kali dibangun Pemerintah Indonesia di luar negeri, yakni di Negeri Sabah, Malaysia, telah diresmikan.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI, Wikan Sakarinto secara virtual pada Jumat (4/9/2020).

Gedung unit baru SMK Sekolah Indonesia ini terletak di Kota Kinabalu Negeri Sabah merupakan yang pertama di luar negeri. Sesuai siaran pers Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu, Wikan Sakarinto menerangkan bahwa pentingnya kuantitas dan kualitas SDM sebagai bekal untuk membangun bangsa.

Menurut Wikan, terwujudnya “link and match” yang optimal akan memberikan rasa optimisme bahwa Indonesia ke depan akan maju dalam bidang industri dan SDM.

Wikan juga memuji upaya yang telah dilaksanakan oleh SIKK di bawah bimbingan KJRI Kota Kinabalu yang telah menjalin kerja sama dengan pelaku industri di negeri jiran itu dalam rangka memperlancar kegiatan belajar dan praktek bagi siswa SMK.

Keberadaan SMK di Kota Kinabalu Malaysia ini diharapkan mampu menampung anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Negeri Sabah. SIKK sendiri saat ini membina 896 anak PMI di seluruh Negeri Sabah.

Hal senada juga disampaikan oleh Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Krishna Djelani. Dia berharap dengan tersedianya sarana dan prasarana akan memberikan kesempatan bagi siswa melakukan pembelajaran dengan baik.

Keberadaan gedung baru SMK tersebut dinilai sangat tepat dan urgen berhubung keterbatasan daya tampung di SIKK.

“Karena meningkatnya minat peserta didik SIKK terhadap pendidikan kejuruan atau SMK ini maka sejak tahun 2017 tentunya atas instruksi Bapak Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Kuching," ujar Krishna.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X