Buntut Kericuhan di Gedung Capitol, Beberapa Pejabat Gedung Putih Mengundurkan Diri

- Kamis, 7 Januari 2021 | 13:19 WIB
Gedung Putih di Washington DC. (REUTERS/Leah Millis).
Gedung Putih di Washington DC. (REUTERS/Leah Millis).

Pasca penyerbuan pendukung Donald Trump di Gedung Capitol, dua tangan kanan senior Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump mengundurkan diri. Salah satunya Stephanie Grisham yang menjadi staf ibu negara.

"Merupakan suatu kehormatan untuk melayani negara di Gedung Putih. Saya sangat bangga telah menjadi bagian dari misi Nyonya Trump untuk membantu anak-anak di berbagai daerah, dan bangga atas banyak pencapaian pemerintahan ini," kata Grisham dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir dari Reuters.

Grisham, yang menghabiskan satu tahun sebagai  juru bicara Gedung Putih sebelum menjadi kepala staf ibu negara, tidak mengatakan apakah pengunduran dirinya merupakan bentuk reaksi atas kekerasan di Capitol Hill tersebut.

Baca Juga: Pendukung Trump Ricuh di Gedung Kongres AS, Joe Biden: Ini Pemberontakan!

Namun, sumber yang mengetahui keputusannya mengatakan kekerasan itu adalah kejadian terakhir yang tak dapat ia terima.

Tidak hanya itu, sejumlah pejabat tinggi Gedung Putih juga mempertimbangkan untuk mundur. Sebut saja penasihat keamanan nasional Robert O'Brien dan wakilnya, Matthew Pottinger, kata beberapa sumber. 

O'Brien mempertimbangkan untuk mengundurkan diri, sama seperti Pottinger, wakil penasihat keamanan nasional yang telah menjadi suara kunci terkait kebijakan pemerintah soal Tiongkok, menurut dua sumber.

"Saya baru saja berbicara dengan Wakil Presiden Pence," kata O'Brien dalam sebuah pernyataan pada Rabu (6/1/2020) pagi, dan menambahkan, "Saya bangga telah melayani (negara) bersamanya."

Selain itu, sekretaris sosial Gedung Putih, Rickie Niceta, juga mengundurkan diri. Begitu pula wakil juru bicara Gedung Putih, Sarah Matthews, sebagaimana dikatakan sumber kepada Reuters.

Terdapat pula obrolan di Gedung Putih bahwa wakil kepala staf Chris Liddell mungkin akan mengundurkan diri, kata seorang sumber. Namun, Gedung Putih menolak berkomentar mengani hal ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X