Tak Mau Penumpang Rugi, Lion Air Hentikan Penerbangan 5 Hari Sampai Akhir Mei

- Rabu, 27 Mei 2020 | 13:19 WIB
Sebuah pesawat Lion Air melakukan bongkar muat angkutan kargo di Apron Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Sebuah pesawat Lion Air melakukan bongkar muat angkutan kargo di Apron Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.

Lion Air Group memutuskan menghentikan sementara operasional penerbangan untuk lima hari, terhitung mulai hari ini, Rabu (27/5/2020) hingga 31 Mei 2020.

"Lion Air Group sangat mendukung pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), melalui peran serta aktif melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," demikian disampaikan Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan pers yang diterima Indozone.id, Rabu siang.

Keputusan penghentikan sementara itu, menurut Danang, didasarkan atas evaluasi pelaksanaan operasional penerbangan sebelumnya, dimana banyak calon penumpang yang tidak dapat melanjutkan perjalanan atau tidak bisa terbang dan harus kembali dengan segala biaya yang telah dikeluarkan.

"Hanya karena ketidaktahuan atau ketidakpahaman atas ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat melaksanakan perjalanan dengan pesawat udara," jelas Danang.

Dengan demikian Lion Air Group berkesimpulan bahwa para calon penumpang masih membutuhkan sosialisasi yang lebih intensif agar lebih mengetahui dan memahami secara jelas terkait dengan ketentuan-ketentuan dan persyaratan yang dibutuhkan untuk rencana berpergian menggunakan pesawat udara. 

"Calon penumpang belum sepenuhnya mengetahui dan memahami bagaimana dokumen-dokumen perjalanan dipenuhi dan dimana calon penumpang mendapatkannya. Lion Air Group juga harus menjaga serta memastikan kondisi kesehatan fisik dan jiwa seluruh karyawan berada dalam keadaan baik, pasca operasional sebelumnya," lanjut Danang. 

Lion Air Group berkesimpulan berdasarkan kondisi tersebut, dibutuhkan waktu agar para calon penumpang lebih mengetahui dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara, sehingga Lion Air Group memutuskan untuk melakukan sosialisasi yang lebih intensif melalui website dan kantor-kantor cabang.
 
Lion Air Group memfasilitasi calon penumpang yang sudah memiliki atau membeli tiket (issued ticket) untuk melakukan proses pengembalian dana tanpa potongan (full refund) atau perubahan jadwal keberangkatan tanpa tambahan biaya (reschedule).

"Dapat melalui Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia, layanan kontak pelanggan (call center) 021-6379 8000 dan 0804-177-8899," tutup Danang.

Sebelum penghentian ini, Lion Air sempat membuka kembali penerbangan sejak 10 Mei lalu, menyusul pengumuman yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya yang bilang kalau seluruh moda transportasi boleh beroperasi kembali sejak 7 Mei.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lion Air Group (@lionairgroup) on

 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X