The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Ribuan Mahasiswa Bakal Geruduk Istana Negara
Aksi demo mahasiswa menolak UU Cipta Kerja beberapa hari lalu. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
News

Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Ribuan Mahasiswa Bakal Geruduk Istana Negara

Masih berkaitan dengan UU Ciptaker.

Selasa, 20 Oktober 2020 09:34 WIB 20 Oktober 2020, 09:34 WIB

INDOZONE.ID - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan kembali melakukan aksi unjuk rasa di sekitar kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat pada hari ini, Selasa (20/10/2020).

Aksi demonstrasi di Istana Negara tersebut juga bertepatan dengan peringatan satu tahun Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden.

Koordinasi Pusat Aliansi BEM SI Remy Hastian menyebutkan bahwa unjuk rasa yang digelar oleh pihaknya tersebut masih berkaitan dengan penolakan Undang-Undang Cipta Kerja yang kini sudah diserahkan kepada Jokowi.

Menurut Remy, mereka pun menyayangkan dengan sikap Presiden Jokowi yang justru menanggapi berbagai aksi demonstrasi dengan meminta masyarakat untuk melakukan uji materi di Mahkamah Konstitusi.

"Kami sangat menyayangkan keputusan pemerintah yang justru menantang masyarakat untuk melakukan judicial review terhadap UU Cipta Kerja, padahal mereka bisa melakukan tindakan untuk mencabut undang-undang tersebut," ucap Remy dalam keterangannya.

Terlebih lagi sebelumnya Presiden telah meminta Mahkamah Konstitusi untuk mendukung UU Cipta Kerja serta revisi terhadap UU Mahkamah Konstitusi. Hal tersebut memberikan kesan bahwa melakukan judicial review terhadap UU Cipta Kerja bukan merupakan cara yang efektif," tambahnya.

Selain itu, BEM SI juga menyayangkan tindakan represif dari aparat kepolisian terhadap massa aksi yang menolak UU Cipta Kerja serta berbagai upaya penyadapan terhadap para aktivis, dan akademisi yang menolak UU Cipta Kerja.

"Berdasarkan hal tersebut, Aliansi BEM Seluruh Indonesia menyatakan akan kembali turun aksi untuk mendesak Presiden RI segera mencabut UU Cipta Kerja," tutup Remy.

Dalam keterangannya, Remy menyebutkan bahwa diperkirakan terdapat sebanyak 5.000 mahasiswa yang tergabung dari seluruh Indonesia pada aksi demonstrasi nanti yang dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Sarah Hutagaol
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
Sarah Hutagaol

Sarah Hutagaol

Reporter
JOIN US
JOIN US