Dianggap Islami, Ilustrasi Hari Anak Nasional TVRI Dihujat dan Dikecam

- Kamis, 23 Juli 2020 | 15:09 WIB
Ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 yang diunggah oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). (Foto: Twitter/TVRI)
Ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 yang diunggah oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). (Foto: Twitter/TVRI)

Ilustrasi Hari Anak Nasional 2020 yang diunggah oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) viral di media sosial dan menuai kecaman netizen.

Pasalnya, gambar dua anak dalam ilustrasi yang mereka bagikan di Twitter dan Instagram itu dianggap tidak mewakili penampilan anak Indonesia secara general.

Gambar seorang anak laki-laki dan anak perempuan pada ilustrasi itu terlihat Islami, sementara Indonesia memiliki keyakinan yang sangat jamak, sehingga ilustrasi itu dianggap tidak mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika.

Pada unggahan itu TVRI menyertakan tulisan, "Selamat HARI ANAK NASIONAL 23 Juli 2020...Mari kita bersama ciptakan generasi unggul, untuk Indonesia Maju. Lindungi dan bina masa depan mereka dengan pendidikan terbaik."

"kenapa harus pakai gambar seperti ini. atau TVRI sudah lupa sama bhinneka tunggal ika. banyak gambar keceriaan anak anak. gak harus kayak gini karena gak semua anak seperti apa yang ada di gambarmu. makanya TVRI gak ada yg nonton, program aja kayak gini," komentar akun @salaamitusalam.

"Kalau ini HARI ANAK MUSLIM NASIONAL 23. Hari Anak Nasional itu mewakili seluruh agama di Indonesia bukan satu agama saja. Jangan Paranoid dan Phobia dgn agama yg lain Min..," tulis akun @SalmaBrecht.

"Ini maksudnya yang tidak pakai kerudung dan kopiah bukan anak Indonesia gitu? Tidak boleh maju? Begitu dasar berpikirnya kah para direktur @TVRINasional? Nggak malu kalian?" tulis akun @shinesaja.

Pesan Presiden Jokowi

Berbeda dari ilustrasi TVRI, ilustrasi Hari Anak Nasional yang diunggah akun media sosial Presiden Jokowi justru mendapat pujian karena dianggap keren dan mewakili cita-cita anak Indonesia.

"Bagaimana pun, anak-anak adalah masa depan bangsa ini. Mereka harus mendapatkan perlindungan. Di pundak merekalah, terpanggul harapan akan Indonesia yang maju. Selamat Hari Anak Nasional 2020," tulis Jokowi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X