Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Pada 22 Mei

- Sabtu, 16 Mei 2020 | 17:50 WIB
Ilustrasi Petugas Masjid Al-Musyariin meneropong posisi hilal. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Ilustrasi Petugas Masjid Al-Musyariin meneropong posisi hilal. (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan akhir Ramadan 2020 dan 1 Syawal 1441 H. Sidang tersebut akan menentukan Hari Raya Idul Fitri umat muslim.

Dalam pagelaran sidang tersebut, yang dijadwalkan Jumat 22 Mei 2020, Kemenag akan melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Agus Salim, Sabtu (16/5/2020).

"Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Agus Salim.

Selain itu, dalam sidang tersebut akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Meski demikian, ia menerangkan bahwa sidang tidak dihadiri oleh semua perwakilan secara fisik di Kantor Kemenag.

Peserta yang hadir hanya unsur pimpinan ormas dan diikuti secara daring.

Pihaknya juga akan menyiarkan sidang tersebut secara daring lewat media sosial dan bekerja sama dengan TVRI dan TV Pool. Sidang tersebut akan dimulai pada pukul 17.00 WIB yang menerangkan pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Agus.

Artikel Menarik Lainnya

 

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X