Sosok Brigjen Dadang, Eks Kapolrestabes Medan yang Kini Jabat Wakapolda Sumut

- Sabtu, 6 Juni 2020 | 00:20 WIB
Brigjen Dadang Hartanto Bersama Kapolri Jenderal Idham Azis (foto: Istimewa)
Brigjen Dadang Hartanto Bersama Kapolri Jenderal Idham Azis (foto: Istimewa)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis merotasi beberapa jabatan ditubuh Polri, salah satunya jabatan Wakapolda Sumut. Kini, posisi Wakapolda Sumut ditempati oleh sosok jenderal bintang satu yang sudah tidak asing bagi masyarakat Sumut.

Dari surat telegram rahasia (TR) Kapolri yang dikeluarkan pada hari ini, Jumat (5/6/2020), posisi Wakapolda Sumut resmi berganti. Awalnya posisi itu ditempati oleh Brigjen Pol Mardiaz Kusin yang kini diganti oleh Brigjen Pol Dadang Hartanto.

Brigjen Dadang diketahui merupakan Akpol lulusan tahun 1994 yang kini berpangkat jenderal bintang satu. Dia sempat menjabat dibeberapa posisi strategis di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

Salah satu jabatan strategisnya di Jawa Barat ialah Kapolres Subang, Cianjur hingga Wakapolrestabes Bandung. Dia juga sempat lama bertugas di Bareskrim Mabes Polri.

Nama Brigjen Dadang bukanlah orang baru di Sumut. Dadang diketahui pernah menjabat sebagai Kapolrestabes Medan sekitar tahun 2017 lalu.

Cukup lama menjabat sebagai Kapolrestabes Medan sekitar dua tahun, sekitar tahun 2019 dia ditarik kembali ke Jakarta yakni di Bareskrim Polri. Dia saat itu dipercaya menjabat sebagai Karorenmin Bareskrim Polri.

Kini, dalam TR Kapolri, Brigjen Dadang dipercaya menjabat sebagai Wakapolda Sumut. Sedangkan posisi lamanya sebagai Karorenmin Bareskrim Polri digantikan oleh Kombes Pol Adi Cahyo Hurip Mulyono.

Selain itu, jabatan Direktur Lalu Lintas Polda Sumut pun juga berganti. Sebelumnya posisi itu diisi oleh Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin menjadi Kombes Pol Wibowo.

Kombes Wibowo diketahui bukanlah sosok baru di dunia lalu lintas. Dia diketahui sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Banten dan kerap tampil di media karena akhir-akhir ini sering diwawancarai seputar pos penyekatan wilayah Merak maupun Banten arah Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X