Mengharukan, Demi Nafkahi Keluarganya di Kampung, Napi Ini Buka Jasa Cuci Baju di Lapas

- Kamis, 25 Maret 2021 | 20:01 WIB
Napi Ganjar Nurdiansyah buka jasa cuci baju di lapas demi nafkahi keluarga (Instagram/berbagisemangat)
Napi Ganjar Nurdiansyah buka jasa cuci baju di lapas demi nafkahi keluarga (Instagram/berbagisemangat)

Salah satu narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Gorontalo, bernama Ganjar Nurdiansyah, tetap bekerja demi menghidupi keluarganya. 

Walupun kini terpisah dari keluarga, Ganjar ternyata tidak tinggal diam. Dari balik lapas, ia mencari nafkah dengan membuka jasa mencuci pakaian sesama penghuni lapas.

Ganjar mengaku, selama dirinya berada di lapas, istri dan anaknya tidak pernah datang menjenguknya karena berada di Jawa Barat.

Selain karena jarak, faktor lain yang membuat keluarganya tidak bisa datang mengunjunginya karena biaya transportasi yang cukup mahal.

Karena alasan itulah, Ganjar termotivasi dan mencari segala cara untuk mendapatkan uang demi keluarganya. 

Ia kemudian terpikirkan untuk membuka jasa cuci pakaian tahanan. Awal memulai usaha, Ganjar bermodalkan sebungkus detergen yang ia beli dari pinjam uang di koperasi lapas, kemudian ia tawarkan ke teman sekamarnya. 

Perlahan-lahan, para tahanan di lapas pun semakin banyak yang menggunakan jasa Ganjar. Hampir setiap hari ia selalu mendapatkan cucian. 

Setiap satu potong pakaian yang dicuci, Ganjar diberi upah Rp1000. Dari hasil jasa cuci pakaiannya itulah, Ganjar bisa meraup keuntungan Rp1 juta hingga Rp2 juta setiap bulannya.

Dengan uang itu juga Ganjar bisa membiayai kebutuhan keluarganya di rumah dan kebutuhannya sehari-hari di lapas.

Tak hanya itu, karena kegigihannya Ganjar juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Satuan Pengamanan Lapas Kelas IIA Gorontalo, Kasdin.

Kasdin berharap, semangat Ganjar ini bisa menjadi contoh bagi napi lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X