Fahri Yakin Aksi Anarkis Sampai Bakar Pos Polisi Bukan Massa Mahasiswa

- Rabu, 25 September 2019 | 03:03 WIB
Massa dipukul mundur pihak kepolisian di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (24/9). (Indozone/Muhammad Ivan Rida)
Massa dipukul mundur pihak kepolisian di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (24/9). (Indozone/Muhammad Ivan Rida)

Aksi anarkis di sejumlah titik di kawasan yang dekat dengan gedung DPR diyakini bukan bagian dari massa mahasiswa.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai, massa yang melakukan aksi di depan gedung DPR memiliki motif untuk berdialog bukan berencana membuat aksi anarkis.

Ia juga meyakini aksi anarkis yang dilakukan seperti pembakaran bus milik TNI, pintu Tol hingga pos polisi bukan lagi cara yang biasa dilakukan mahasiswa jika berdemonstrasi. Terlebih aksi anarkis terjadi di luar jam demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR.

"Kejadian malam ini kita sayangkan. Saya kira ini sudah bukan tindakan dialog yang kita kehendaki. Saya percaya ini bukan mahasiswa. Mahasiswa itu pada dasarnya datang dengan motif dialog dan atas suatu yang konstruktif, ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9) malam

Sebelumnya ribuan mahasiswa dari berbagai kampus mengelar aksi damai untuk menolak RUU KUHP dan UU KPK, RUU Pertanahan dan rancangan UU lainnya yang tidak memihak rakyat.

Bentrokan tak terhindari setelah polisi menyemprot massa dengan meriam air untuk menghalau massa yang mencoba masuk ke gedung DPR. Polisi juga menembakkan gas air mata ke kerumunan untuk memecah konsentrasi massa. 

-
Pengunjuk rasa membakar sejumlah fasilitas saat mengikuti aksi di kawasan Pejompongan, Jakarta, Selasa (24/9). Aksi mahasiswa yang menolak UU KPK dan pengesahan RKUHP di depan gedung Parlemen berakhir ricuh. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Sejak Selasa malam hingga Rabu (25/9) dini hari, massa yang tak menggunakan almamater kampus tetap melakukan perlawanan kepada kepolisian di kawasan Slipi, dan di Jalan Palmerah Timur atau di belakang gedung DPR.

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X